Apa Pentingnya Manajemen Persediaan?

Apa Pentingnya Manajemen Persediaan

Sering kali banyak yang bertanya apa sich pentingnya sebuah manajemen persediaan. Managemen persedian biasa dikenal sebagai managemen stok ini sering diabaikan dan dianggap tidak penting oleh kebanyakan pengusaha. Apakah Anda juga termasuk orang yang memiliki pendapat seperti itu?

Tahukah anda Apa akibatnya buat bisnis Anda jika manajemen stock ini diabaikan?

Ada pepatah mengatakan “kenali dulu musuhmu maka kami akan menang dipertandingan.” Kalau seperti itu yuk kita kenali dulu apa sejatinya manajemen stock itu. Ini bagaikan musuh dalam selimut lho, tanpa sadar sangat berdampak terhadap bisnis Anda. 

Manajemen stok/persediaan (Inventory Management) merupakan salah satu bagian dalam manajemen operasional dan manajemen produksi untuk menjaga jumlah optimum dari barang yang dimiliki. Manajemen persediaan memiliki tujuan untuk memaksimalkan barang persediaan dengan biaya yang se minimal mungkin . 

Dan salah satu manfaat dari manajemen persediaan adalah agar Anda dapat memastikan adanya persediaan melalui safety stock

Apa itu safety stock?

Safety stock adalah jumlah stok yang Aman anda miliki. Jumlah aman ini diperlukan untuk Anda berjaga-jaga, apabila lead time dari pembelian ternyata lebih lama dari biasanya, padahal barang sudah keburu diperlukan. Dengan adanya safety stock, ada jaring pengaman sehingga apabila vendor terlambat dalam mengantarkan barangnya, atau stok mendadak tidak ada di vendor. Perusahaan Anda tetap memiliki ‘waktu tambahan’ untuk menjual barang tersebut.

Jadi dengan safety stock disini Anda tidak khawatir kehabisan stock tapi Anda harus bijak juga dalam melakukan safety stock disini.

Anda harus tahu betul barang apa saja yang harus ada di daftar safety stock. Nah, darimana daftar safety stock ini bisa Anda dapatkan lihatlah data penjualan Anda. Analisa lah produk atau barang apa saja yang laku keras dipasaran atau yang sering kita sebut dengan fast moving.

Karena jika Anda tidak benar-benar pahami betul manajemen persediaan disini. Ini akan sangat menghambat perkembangan bisnis Anda. Manajemen persediaan yang salah akan mengakibatkan cash flow Anda tersendat yang mengakibatkan Anda tidak memiliki uang tunai karena uang Anda terserap barang persediaan di Gudang.

Apalagi jika jenis usaha Anda di bidang retail yang banyak sekali makanan dan memiliki kadaluarsa. Jika Anda tidak memperhatikan ini maka akan banyak uang Anda yang pada akhirnya harus masuk ke tong sampah secara sia-sia. Let’s #beefree