Ingin usaha lancar? Buatlah Proses Bisnis ini untuk Perusahaan Anda

Ingin usaha lancar Buatlah Proses Bisnis ini untuk Perusahaan Anda

Usaha menjadi lancar siapa yang tidak ingin? namun hal itu akan cepat tercapai bila Anda lebih mengenal proses bisnis Anda. Agar Anda lebih memahami mengenai bagaimana cara membuat proses bisnis. Sebelumnya, Anda harus tahu dulu apa pengertian proses bisnis itu. Kemaren sempat saya tuliskan mengenai pengertian proses bisnis menurut para ahli yaitu dari Michael Hammer dan James Champy.

Menurut Wikipedia, Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tetapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari super prosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

Saat Anda menyusun sebuah proses bisnis perusahaan ada 6 karateristik umum yang harus ada didalam suatu proses bisnis yaitu :

  1. Definitif yaitu suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas
  2. Urutan yaitu suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurutan sesuai waktu dan ruang
  3. Pelanggan yaitu suatu proses bisnis harus mempunyai penerimaa hasil proses atau orang yang menggunakan.
  4. Nilai Tambah yaitu transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah lebih bagi penerimaa
  5. Keterkaitan yaitu Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktu
  6. Fungsi silang yaitu Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.

Setelah Anda tahu unsur apa saja yang harus ada untuk menyusun sebuah proses bisnis. Anda harus paham mengenai jenis proses bisnis yang dibedakan menjadi 3 yaitu;

  • Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
  • Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
  • Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal akunting, rekruitmen, pusat bantuan.

Setelah paham hal diatas mulailah Anda membuat proses bisnis perusaahaan. Jangan lupa setelah proses bisnis yang Anda buat selesai dan dijalankan buatlah analisa proses bisnis. Jika Anda masih bingung mengenai apa itu Analisa proses bisnis itu saya akan menerangkan sedikit disini mengenai apa itu pengertian analisa proses bisnis.

Analisa proses bisnis adalah kajian dan evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan proses bisnis Perusahaan untuk mengidentifikasikan dampak dari kegiatan tersebut dalam menciptakan nilai atau menambah nilai terhadap bisnis Perusahaan.

Untuk menganalisa proses sebuah pencatatan keuangan dan laporan operasional bisnis sangat dibutuhkan. Agar proses pencatatan lebih mudah, sebaiknya Anda menggunakan sistem  pencatatan yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Ditambah lagi memudahkan Anda melihat omset secara realtime, stok, piutang dan kontrol pengeditan transaksi dengan sistem Approvel. Sistem pencatatan itu dapat anda langsung coba disini. Let’s #beefree