Jangan Remehkan Invoice, Faktur, Nota, Kwitansi Penjualan Anda !!

Pernahkah Anda merasa malas menuliskan nota untuk penjualan produk anda? Tenang, ternyata bukan hanya Anda yang merasakan begitu. Ada banyak kasus yang ditemukan di Pasar dan toko klontong yang menggunakan nota hanya dengan kertas bekas kardus rokok atau kertas ala kadarnya untuk menulis jumlah pembelian pelanggan. Terlebih lagi penjual tidak memiliki salin dan melakukan pencatatan atas barang yang telah dibeli oleh pelanggan. 

Perlu Anda ketahui, Nota lebih penting dimiliki oleh Anda daripada pelanggan. Mengapa demikian? 

Sebelum menjawab hal itu, mari kita bedah terlebih dahulu pentingnya bukti pembayaran dalam bentuk invoice, faktur, nota, kwitansi dalam transaksi jual-beli.  

  1. Invoice, faktur, nota dan bon
    Sekilas mungkin penggunaannya berbeda, namun tujuan yang dilakukan sama yaitu dokumen yang dibuat dan diterbitkan oleh penjual kepada pembeli yang mencantumkan tanggal pengiriman barang, rincian barang atau produk produk atau barang (meliputi ukuran dan berat) yang akan dibeli, harga barang dan biaya-biaya lain, dan jumlah total yang harus dibayar pembeli kepada penjual. Gampangannya pengertian ketiganya adalah surat penagihan dari penjual kepada pembeli atau pelanggan berupa catatan nilai nominal.
    Hasil gambar untuk invoice beecloud
  2. Kwintansi
    Berbeda dengan invoice, faktur, nota dan bon, Kwitansi digunakan untuk bukti pembayaran transaksi dalam nominal yang cukup besar. Biasanya digunakan hanya untuk satu jenis produk atau jasa yang berharga, seperti penjualan mobil atau proyek tender. Tak jarang ada yang menggunakan materai untuk lebih meng”sah”kan dimata hukum. 

Sebenarnya yang merasakan pentingnya nota penjualan bukanlah si pembeli, melainkan Anda sebagai pelaku usaha. Agar dapat mengontrol transaksi dibisnis Anda. Perlengkapan kantor ini bisa dibilang WAJIB dimiliki oleh siapapun yang memiliki usaha karena dengan ini arus keuangan yang masuk dan keluar bisa terkontrol dengan baik. Selain itu kwitansi, nota dan faktur juga dibutuhkan untuk input data secara lengkap dalam pembukuan keuangan sehingga laporan keuangan usaha benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk membantu bisnis anda dalam penyediaan bukti transaksi. Anda dapat menggunakan aplikasi bisnis yang mampu dengan mudah menyetak invoice hanya sekali input. Input transaksi akan bisa dicetak bentuk invoice dan bahkan mengirimkan invoice penjualan Anda kepada customer melalui email. Bukti pembayaran melalui email ini sangat cocok untuk bisnis Anda yang memiliki customer dari berbagi daerah Indonesia. Coba trial ini untuk Anda coba dalam membantu bisnis jadi lebih terkontrol. Let’s #beefree