Jangan tiru ini, bila ingin menjadi Raja dalam Bisnis Anda.

Sering kali kita melupakan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan saat lagi emosi. Emosi membuat kita melakukan hal-hal yang kadang disesali kemudian hari. Untuk menutupi penyesalan kita selalu akan membuat berbagai argumen defense mechanism mempertahankan bahwa yang kita lakukan adalah benar. Banyak berita viral akhir-akhir ini mengenai sikap para petinggi negara yang mungkin tidak pantas disebabkan kondisi psikis yang tidak stabil membuat mereka mudah emosi.

Apakah Anda pernah mengalami hal serupa?

0001

Emosi yang keluar berlebihan dan tidak Anda akhiri dengan meminta maaf akan menjadi cambuk di diri Anda. Sebagai seorang pebisnis atau pemimpin, Tentunya Anda harus memiliki empati lebih tinggi daripada semua orang disekitar Anda. Anda akan menjadi panutan atas semua tingkah laku Anda. Anda harus mementukan DNA Leader seperti apa yang akan Anda cap untuk diri Anda. Labeling diri Anda dan ciptakan sikap serupa yang cocok memimpin kerajaan bisnis Anda.

Sebelum Anda memutuskan sesuatu, pastikan Anda memiliki data dan bukti yang lengkap untuk menjalankan kerajaan bisnis Anda. Simbol Raja yang dihormatin sangat perlu melekat pada diri Anda. Raja seperti apa yang dihormati rakyatnya ?

  1. Memberikan kebijakan berdasarkan data dan bermanfaat untuk bersama
    Mungkin ini hal yang sulit dilakukan oleh Anda pelaku bisnis, namun bukan berarti tidak mungkin. Anda bisa menggunakan data yang valid untuk melogika segala keputusan Anda dan buatlah itu menjadi mungkin untuk dicapai. Gunakan Angka dan fakta, Angka dalam bisnis dapat Anda peroleh secara realtime jika Anda memiliki keputusan yang akurat. Ingat jangan menggunakan perasaan saat memutuskan sesuatu.
  2. Dekat dengan rakyat yaitu Pelanggan Anda dan Karyawan Anda
    Jika Anda memberikan solusi atas semua kebutuhan mereka akan suatu produk. Bukan hal yang tidak mungkin Anda menjadi Raja yang mendominasi kebutuhan masyarakat akan produk tersebut. Jangan pernah malu untuk bertanya dan menerima kritik. Anda perlu memiliki catatan khusus seperti yang dilakukan oleh Raja Thailand Bhumbol kemudian mencarikan solusi terbaik untuk semuanya. Tetaplah menjadi orang bodoh agar Anda dapat menerima ilmu dari segala penjuru. Bodoh bukan perilaku namun Bodoh untuk tetap menjadi pembelajar yang baik.
  3. Memaksimalkan apa yang ada
    Data yang Anda miliki akan menceriminkan apa saja yang telah Anda miliki. Seperti laporan Neraca, laba-rugi dan cash flow. Lihatlah dengan jelas apa-apa saja yang dapat Anda maksimalkan. Mungkin berat bagi Anda memulai resiko, tapi yakinlah memulai resiko dengan data perasaan Anda akan jauh menjadi tenang. Karena Anda dapat memprediksi apa-apa saja yang mungkin terjadi. Seperti memperbanyak stok yang dominan dibeli customer, memangkas piutang macet, menjalin kerjasama dengan vendor terbaik dll.

Hanya dengan 3 hal ini dapat menjadikan Anda Raja yang sangat dicintai rakyat Anda. Gunakan sistem pencatatan yang mampu mendukung Anda dalam menjadikan Anda Raja yang dicintai Rakyat Anda. Raja adalah pedoman, panutan dan junjungan rakyatnya. Sikap Anda dalam bekerja sangat berpengaruh dalam bisnis Anda. Terlebih lagi perkataan Anda adalah doa. Ucapkan hal yang baik dalam setiap perkataan Anda. Let’s #beefree