Kenali Masalah yang Membuat Karyawan Anda Malas Bekerja

Kenali Masalah yang Membuat Karyawan Anda Malas Bekerja

Sebagai manusia mengalami mood yang naik dan turun saat bekerja memang hal yang lumrah. Tapi kalau mood swing itu dibiarkan berlarut-larut, lama-kelamaan bisa membuat karyawan anda mengalami penurunan kinerja. Anda perlu cermati mereka dan kenali masalah yang membuat kamu malas bekerja, lalu segera cari solusinya.

Beberapa hal yang membuat karyawan malas kerja misalnya,

  • Rutinitas. Terjebak rutinitas adalah salah satu penyebab terbesar kenapa seseorang mengalami rasa malas dalam bekerja. Apalagi untuk mereka yang bekerja di belakang meja dan melakukan hal yang sama berulang kali. Tambah lagi mereka tidak memiliki greget untuk pindah melakukan inovasi lain dan hanya menunggu perintah. Anda harus memikirkan inovasi apa yang membuat mereka lebih berkembang. Berikan tantangan atau mungkin melakukan rolling posisi yang masih bisa dijangkau oleh antar individu. Sebab manusia memiliki kecenderungan mudah bosan, beri mereka pengalaman baru dan lingkungan lebih fresh dengan melakukan aktivitas diluar ruang bila memungkinkan juga boleh. Biasanya ini akan manjur!
  • Kurang Fit. Kondisi tubuh akan mempengaruhi bagaimana kinerja seseorang. Kalau tubuh tidak fit biasanya performance seseorang juga akan menurun. Itu sebabnya karyawan yang kurang fit sering kali menghambat laju jalannya bisnis Anda. Anda bisa merubah habbit mereka dengan rutin minum jus buah dari kantor, aktivitas berjalan dikantor setiap menit-menit tertentu atau apapun untuk membuat mereka tidak hanya fokus duduk didepan komputer mereka. Menjaga stamina dengan cara berolahraga, makan makanan sehat, dan yang paling penting sediakan selalu air putih di meja mereka.
  • Bukan Passion. Bukan passion juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kemalasan dalam bekerja. Karena merasa bukan passionnya seseorang biasanya jadi bekerja seadanya. Untuk hal yang satu ini Anda perlu mempertanyakan lagi tujuan mereka bekerja, tapi apapun tujuannya tidak ada salahnya karyawan Anda berikan dukungan dan kepercayaan untuk selalu mencoba memberikan yang terbaik di tempat anda.
  • Tidak ada target. Target bisa membuat seseorang melakukan sesuatu dengan energi berkali-kali lipat kalau dia serius dengan targetnya. Salah satu hal yang membuat seorang jadi malas bekerja adalah tidak adanya target. Coba deh Anda buat target setiap bulannya apa yang akan karyawan Anda capai, kalau karyawan Anda berhasil mencapainya, karyawan Anda akan merasa puas dan terus melakukan yang terbaik untuk mencapai target selanjutnya.

  • Terlalu banyak pressure. Terlalu banyak tuntutan yang dibebankan pada karyawan membuat mereka bingung memulai mengerjakan yang mana dan diam ditempat. Ketahuilah setiap individu yang melakukan multitasking hasilnya tidak ada yang sempurna. Bila Anda membebankan dalam satu waktu project atau task yang terlalu banyak dan membebankan pikiran mereka. Merekapun akan mundur secara perlahan dan menarik diri dari tugas yang dirasa sulit dilakukan. Tak jarang kondisi kesehatan mereka akan terganggu. Hindari hal tersebut dan ingat jangan pernah Anda memberikan Tugas kantor yang dibawa kerumah. Mereka akan terbebani karena mereka telah bekerja seharian dikantor dan dirumah waktunya untuk releksasi dari kerjaan. Jika Anda berikan, jangan kaget bila mereka sering mengeluh sakit. 

Itu tadi beberapa hal yang biasanya membuat karyawan menjadi malas bekerja. Apa ada karyawan Anda atau Anda mempunyai salah satu hal di atas? Kalau ada, sebaiknya Anda segera mencoba mencari solusi agar rasa malas bisa pergi jauh-jauh dari karyawan Anda. Jangan sampai hanya dengan karyawan Anda terlihat tidak bersemangat Anda langsung memutuskan untuk memecatnya dan menggantinya dengan orang baru. Beri teguran dan dukungan untuk mereka meningkatkan kinerjanya. Jika sudah melebih batasannya boleh Anda melakukan tindakan terakhir dengan mengganti mereka dengan orang yang lebih kompeten. Let’s #beefree