Lakukan Ini dan Anda Akan Memiliki Kemerdekaan Dalam Berbisnis

Lakukan Ini dan Anda Akan Memiliki Kemerdekaan Dalam Berbisnis

Ada juga yang bilang kemerdekaan dalam berbisnis adalah pada saat bisa jalan-jalan kemana saja yang dimau tanpa takut bisnisnya mandek dan pohon duitnya tetap menghasilkan. Kalau saya tuliskan satu persatu disini koment dari beberapa rekan pebisnis akan panjang sekali.

Karena setiap manusia memiliki devinisi kemerdekaan berbisnis sendiri-sendiri. Tapi dari semua rekan saya yang bercerita, dapat disimpulkan jika sesungguhnya mereka bisa merasakan merdeka dalam berbisnis pada saat bisnisnya dapat berjalan lancar. Agar bisa berjalan lancar adalah Anda harus memiliki sistem yang bagus.

Untuk membangun sistem yang bagus bukanlah semudah Anda membalikkan telapak tangan. Karena banyak sekali hal yang harus Anda bentuk mulai dari SDM, dan juga SOP sendiri. Namun yang paling penting disini menurut saya adalah sistem laporan keuangan Anda. Jika sistem laporan keuangan Anda sudah benar tentu saja ini akan membuat usaha Anda mudah dikontrol dan di analisa.

Mungkin kebanyakan pebisnis berpendapat jika laporan keuangan adalah hal terakhir yang harus dikerjakan namun sesungguhnya justru laporan keuangan inilah yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Karena dengan laporan keuangan Anda dapat menganalisa bagaimana kinerja sales Anda, bagian purchasing, bagian gudang dan lain-lain.

Dan laporan keuangan yang tersaji juga dapat Anda gunakan sebagai acuan apakah perusahaan Anda butuh expand atau justru perlu melakukan efisiensi. Ini sangat dibutuhkan ketika dalam kondisi perekonomian lesu seperti saat ini. 

Oleh karena itu jika Anda sudah memiliki laporan keuangan. Anda dapat menganalisa strategi apa yang kira-kira harus Anda gunakan agar bisa bertahan di tengah badai perekonomian yang tidak stabil seperti saat ini. Apakah Anda harus memperbaiki omset atau justru provit Anda. Atau lagi-lagi Anda harus melakukan efisiensi.

Sudah tahukah Anda efisiensi apa saja yang bisa Anda lakukan? Jika Anda ingin tahu nantikan artikel saya yang selanjutnya. share artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree