Manfaat Merk bagi Produsen dan Customer

MANFAAT MERK BAGI PRODUSEN DAN CUSTOMER

Merk merupakan nama atau panggilan yang akan di”cap”kan disetiap produk yang dipasarkan. Merk ini Umumnya berfungsi untuk menciptakan persepsi konsumen. Produk yang memakai merk dapat memberikan keuntungan atau manfaat tidak hanya bagi penjual tetapi juga pembeli, akan tetapi sebaliknya penggunaan merek yang salah juga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan yang memasarkan produk tersebut.

Namun, tak jarang kita menemukan beberapa produk tak bermerk yang kemudian di rebranding kembali oleh para distributornya. Seperti yang dilakukan oleh beberapa minimarket dan supermarket yang menggunakan nama minimarketnya dibeberapa produk yang mereka jual. Contoh : 

produk merk minimarket

Alasan produsen tidak menggunakan merk :

  • Sifat barang, Produk yang sifatnya sulit untuk dibedakan dengan produk sejenis dari perusahaan lain biasanya tidak perlu menggunakan merk. Misalnya kawat, beras, gula, minyak, buah dsb
  • Pertimbangan perusahaan. Untuk menghindari ketidakpuasaan konsumen, bisa dikarenakan oleh harga, mutu dan pelayanan yang tidak memuaskan di mata konsumen. Contoh: plastic hitam daur ulang yang bau biasanya tidak menggunakan merek karena kualitas yang jelek.
  • Menyediakan barang cepat jual dan tidak mementingkan keuntunganya banyak, biasanya ini yang dipakai beberapa minimarket dan swalayan dengan membranding ulang produk-produk kebutuhan umum dengan brand bisnisnya.

Namun, tetap disarankan untuk Anda memiliki Merk dagang sendiri agar usaha Anda dikenal oleh masyarakat.

Manfaat merk bagi Penjual/produsen :

  • Merk dapat membantu anda membangun citra perusahaan dan kepentingan promosi produk Anda.
  • Memudahkan dalam proses pesanan
  • Membantu kestabilan harga
  • Menimbulkan loyalitas pembeli
  • Memiliki otoritas menentukan harga dan mengurangi perbanding harga untuk produk sejenis
  • Mendapatkan perlindungan ciri khas produk (Perlindungan trademark)

Bagi konsumen, tentunya mereka pasti menginginkan produk dengan kualitas mutu terjamin. Dengan memperhatikan merk yang akan dibeli berdasarkan persepsi mereka atas suatu produk.

Nah, sekarang Anda bisa memutuskan sendiri ingin menggunakan merk atau tidak? Jika Anda hanya ingin produk Anda menyebar dengan luas, agar keuntungan Anda melimpah. Tentunya Anda bisa memutuskan sendiri yang terbaik untuk bisnis Anda. Let’s #beefree