Membuat Laporan Laba Rugi Percabang Apakah Perlu?

membuat laporan laba rugi percabang apakah perlu?

Benarkah membuat laporan laba rugi percabang itu diperlukan? atau hanya cukup laporan global dari pusat.

Sebelum saya membahas penting atau tidaknya laporan laba rugi percabang dibuat. Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu laporan laba rugi.

Laporan laba rugi atau dalam bahas inggris disebut Income Statement atau Profit and Los Statement adalah laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Nah, lantas apa sich fungsi dasar  dari laporan laba rugi tersebut.

1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

Dengan Anda tahu laporan laba rugi bulan lalu atau bulan sebelumnya, tentunya ini akan memudahkan Anda dalam menganalisa dan melakukan evaluasi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan meminimalkan resiko kerugian.

2. Mengembangkan Perusahaan

Dengan melihat laporan laba rugi Anda dapat mengambil keputusan untuk pengembangan perusahaan Anda, dengan cara menambah produk yang dijual atau memperluas wilayah pemasaran Anda dengan cara membuka cabang

3. Tolak Ukur

Dengan laporan laba rugi ini Anda juga dapat menilai bagaimana kinerja karyawan Anda mulai dari penjualan dan bagian keuangan yang membuat anggaran. Jadi Anda bisa tahu karyawan mana yang memiliki kontribusi baik bagi perusahaan atau karyawan mana yang justru menjadi beban bagi perusaahan.

4. Menganalisa Strategi Perusahaan

Selain itu dengan laporan laba rugi Anda akan mengetahui seberapa berhasilkan strategi perusahaan yang Anda terapkan. Jika dirasa startegi tersebut belum cocok Anda dapat sesegera mungkin mengantti atau mencari startegi lain.

Sedangkan jika dirasa startegi itu berhasil bisa Anda ulangi kembali untuk bulan-bulan kedepannya.

5. Profit Perusahaan

Nah ini dia yang paling maha penting. Karena profit ini merupakan gambaran profil perusahaan Anda kira-kira akan bertahan lama atau tidak, sehat atau tidak. Karena omset banyak belum tentu menjamin profitnya juga banyak.

Sampai disini Anda sudah tahu dong seberapa penting laporan laba rugi itu dibuat, nah sekarang pertanyaan berikutnya adalah mengapa laporan laba rugi percabang itu harus Anda buat?

Tentunya dengan 5 point fungsi laporan laba rugi diatas yang sudah saya cabarkan di atas, dapat Anda tarik kesimpulan jika laporan laba rugi percabang itu sangat Anda perlukan. Mengapa begitu?

Dengan laporan laba rugi percabang tersebut Anda dapat melihat bagaimana kondisi keuangan cabang perusahaan Anda. Jangan sampai niat Anda untuk mengembangkan bisnis dengan cara membuka cabang justru cabang tersebut membuat Anda mengalami kebangkrutan

Karena cabang perusahaan yang kesehatan keuangannya tidak baik akan menggerogoti keuangan perusaahan pusat. Jadi Anda harus benar-benar secara realtime melihat laporan laba ruginya, jadi ketika perusahaan cabang tersebut terus menerus merugi maka bisa terdeteksi secara dini. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Let’s #beefree