Pebisnis Ini Kah Impian Anda? Keluarga Bahagia Dan Bisnispun Jalan

Pembisnis Ini Kah Impian Anda? Keluarga Bahagia Dan Bisnispun Jalan

Sesuai dengan janji saya di artikel yang pertama untuk membahas bagaimana agar Anda dapat terbebas dari penjara bisnis Anda sendiri. Apakah Anda sudah baca artikel pertama saya yang berjudul “Pebisnis, Jangan Pernah lakukan ini kepada keluarga Anda” Jika belum silahkan klik disini untuk membacanya.

Pastinya Anda tidak mau dong? seperti Pak Budi yang terpenjara bisnisnya sendiri. Tidak punya banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Simak yuk artikel ini samapi habsi.

Untuk membuat usaha Anda tersistem dengan baik dan tetap berjalan meskipun tanpa Anda tongkrongin setiap hari tidak susah lho kalau Anda tahu caranya.

Yang pertama Anda harus lakukan adalah buatlah SOP dan Job desk yang jelas. Jadi karyawan Anda tahu persis apa pekerjaan mereka dan juga batasan-batasannya. Lakukanlah evaluasi setiap minggu atau bulan dengan meminta laporan kekaryawan Anda.

Yang Kedua Anda bisa menggunakan CCTV. Dengan bantuan CCTV Anda dapat mengontrol gerak gerik karyawan Anda apalagi sekarang ada CCTV yang sudah bisa di cek melalui online jadi memudahkan Anda untuk mengeceknya.

Nah, yang ketiga ini adalah hal yang terpenting menurut saya. Yaitu gunakanlah sistem yang sudah terotomatisasi dan juga dapat dikontrol secara online dimana saja dan kapan saja sehingga Anda tidak perlu berada di kantor.

Dengan Anda memiliki sistem yang dapat dikontrol kapan saja dan dimana saja menggunakan dashboard melalui gadget Anda. Ini akan memudahkan Anda dalam memantau keluar masuknya cash flow maupuna stock. Karena cash flow adalah darahnya sebuah bisnis, jika darah ini tersendat maka saya pastikan kehidupan bisnis Anda pun akan tersendat bahkan bisa mati sebelum sempat untuk tumbuh.

Salah satu yang menghambat terjadinya cash flow adalah piutang macet sehingga uang di kas Anda tidak ada, padahal Anda harus membayar hutang ke pada supplier oleh karena itu kontroling piutang juga harus Anda lakukan. Alangkah mudahnya jika kontrol piutang ini juga bisa Anda cek melalui dashboard gadget Anda.

gambar-aplikasi-akuntansi-android

Dengan ini Anda juga terhindar dari kecurangan karyawan Anda. Mungkin Anda pernah dengar berita mengenai ibu muda YE yang merupakan admin piutang menggelapkan dana perusahaan hingga 1,4 milyar dari perusahaan tempatnya bekerja yakni PT. Burvari PC di jambi.

Selain itu, jika Anda memang belum bisa mempercayai sepenuhnya karyawan Anda. Pilihlah sistem yang bisa mengirimkan approval seacara online ke gadget Anda.  Jadi pada saat karyawan Anda ingin mengedit invoice dan juga retur invoice harus minta persetujuan Anda yang dapat dikirimkan melalui gadget Anda.

aplikasi-akuntansi-android-approval-thumb

Hal-hal yang bersifat otomatisasi diatas selain membuat Anda banyak waktu bersama keluarga. Anda juga dapat mengontrol bisnis kapan saja dan dimana saja tanpa Anda harus berada di kantor. Dan yang pastinya bisnis Anda juga aman dari potensi kecurangan-kecurangan yang Ada. Bayangkan jika Anda liburan kepantai bersama keluarga tapi tetap bisa mengontrol bisnis Anda. Menyenangkan bukan?

Dan di tengah perekonomian Indonesia yang sedang lesu saat ini. Sistem yang bagus juga akan sangat membantu Anda dalam proses efisiensi. Jangan biarkan karyawan Anda lembur hanya untuk membuat laporan keuangan yang masih manual karena selain Anda harus membayar lemburan mereka tentu saja listrik yang harus Anda bayarkan pun juga naik.

Ingat! memiliki banyak uang memang impian semua orang, namun jika Anda tidak bisa menikmati uang yang Anda hasilkan dengan orang tercinta. Ini menurut saya akan menjadi hal yang sia-sia. Jangan sampai bisnis yang niat awalnya untuk membahagiakan keluarga justru yang menghancurkan keluarga Anda.

Share ya jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.