Penting, Pelajari Sistem Penjualan Toko Online!

Proses-Bisnis-Perusahaan-Khusus-Toko-Online-Photo

Dalam setiap bisnis pastinya memiliki rule yang harus lalui oleh para pelaku bisnisnya. Terlebih lagi bisnis online yang saat ini sedang di gandrungi oleh khalayak ramai. Proses bisnis penjualan online lebih mudah dibandingkan dengan penjualan secara konvensional yang lebih rumit. Kurang lebih seperti proses bisnis di beberapa marketplace yang hampir sama. 

Sistem penjualan onlineshop diawali oleh konsumen mengunjungi toko online Anda baik yang berupa blog, website ataupun lapak e-commerce. Konsumen tersebut akan mencari barang yang dia butuhkan. Disini Anda berperan agar konsumen tidak kesulitan dalam mencari barang yang dia butuhkan.

Kesimpulannya adalah system penjualan online yang berbasis web ini meliputi ;

  • Konsumen kunjungi toko online Anda.
  • Konsumen temukan barang dan lakukan transaksi pembayaran.
  • Proses verifikasi transaksi pembayaran konsumen.
  • Proses pengiriman barang ke konsumen
  • Pastikan barang sesuai dengan yang dipesan dan siap pakai
  • Adanya repeat order.

Jika konsumen kesulitan mencari barang yang dia inginkan, maka dipastika dia akan beralih ke website atau blog orang lain. Jika hal ini terjadi terus menerus maka dapat dipastikan usaha toko online Anda tidak akan mengalami perkembangan. Untuk menghindari hal tersebut anda harus melakukan beberapa teknik Marketing untuk memperoleh calon customer baru dan tetap memikat untuk customer loyal kepada Anda. 

Untuk tetap memiliki usaha Online yang tidak angin-anginan mengikuti trend yang ada. Anda perlu memiliki brand, varian, dan produk unggulan. Pastikan produk Anda tersebar di berbagai marketplace yang Anda. Penting untuk anda melakukan ini:

  1. Riset Barang dan Pasar
    Menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memfikirkan apakah kita bisa menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada.
  2. Gali kebutuhan konsumen
    tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki keuntungan besar saja, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen,
  3. Bijaklah dalam mencari solusi
    Initnya adalah menggunakan kata yang bijak, jangan sampai Anda terkesan menipu calon pembeli tersebut, jika harga yang Anda patok mahal dari harga pasaran, maka jelaskan apa yang membuat barang tersebut mempunyai harga yang lebih tinggi, dan dengan begitu calon pemebeli akan mengerti dan mungkin akan memutuskan untuk membeli.
  4. Gunakan email untuk promosi
    Jika Anda sering berkunjung ke website atau blog orang bule yang membahas tentang tutorial, maka hampir semuanya selalu memberikan kotak email di bagian sidebar, yang rata-rata beruliskan Follow by Email. Normalnya jika Anda memasukkan alamat email Anda dan memutuskan untuk menjadi subcriber, maka email yang dikirim ke Anda adalah pemberitahuan mengenai update terbaru dari situs tersebut.
  5. Lakukan Promosi silang
    promosi silang disini adalah menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk pertama yang Anda jual. Misal saat pembeli memutuskan untuk membeli sebuah helm, maka jangan hanya menawarkan helm saja, cobalah untuk menawarkan barang lain seperti sarung tangan atau masker.
  6.  Beri pelayanan After sales
    wajib untuk meguasai yang namanya layanan After Sales, karena tidak sedikit yang menggap tugasnya sudah selesai ketika telah berhasil menjual suatu barang, padahal jika kita mau memberikan pelayan ekstra maka, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan kembali membeli barang kita, dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.
  7. Pencatatan operasional Jelas
    Ini juga terpenting dan sering diremehkan, yaitu pencatatan transaksi. Anda perlu tahu arus kas anda kemana dan menghasilkan apa saja. Lebih mudah lagi bila anda menggunakan sistem pencatatan yang dapat dipakai kemana saja dan kapan saja. Gunakan Beecloud untuk memudahkan pencatatan Anda. Anda juga bisa mencetak Invoice penjualan yang dapat anda gunakan untuk Nota. Jadi lebih mudah kan, coba trial disini 

Penting untuk Anda mengetahui aturan main di bisnis Online agar bisa bertahan dan berkembang. Ingat berikanlah harga yang kompetitif jangan terlalu mahal namun jangan terlalu murah. Pastikan kualitas Anda sesuai dengan harga yang harus dibayar oleh customer Anda. Sukses bisnis Anda Salam Let’s #beefree