Pentingnya Kartu Stock Untuk Menghindari Kecurangan Oknum

kartu-stock-photo

Sebagai seorang pengusaha apakah Anda sudah mengerti apa sebenarnya fungsi dari kartu stok dan seberapa pentingnya kartu ini?

Sebenarnya, prinsip dari kartu stok adalah pencatatan pergerakan transaksi keluar masuk satu item yang mengidentifikasi tipe transaksi (masuk dari supplier, masuk dari retur outlet, keluar ke outlet, keluar disposal / rusak, keluar untuk pemakaian tertentu, dll) lengkap dengan jam transaksi, jumlah barang, keterangan tujuan / asal barang.

Bayangkan jika kartu stok ini Anda lupakan atau tidak ada di perusahaan Anda. Ini tentunya akan menghambat sistem manajemen persediaan barang Anda.

Pencatatan menggunakan kartu stok sangat efektif sekali untuk melacak terjadinya “kejanggalan” persediaan yang terjadi karena kelalaian karyawan atau kesalahan sistem.

Kartu stok ini bisa saya bilang seperti buku tabungan yang Anda miliki jadi pada saat uang masuk maupun keluar tercatat secara detail. 

Kartu stok manual sendiri bisa Anda beli ditoko-toko ATK.

kartu-stok-manual-photo

Berikan perintah ke pada karyawan Anda setiap ada barang keluar atau masuk harus dicatat dan untuk memudahkan pencatatannya biasanya kartu stok ini digantung di dekat rak barang itu diletakkan. Ini untuk menghindari lupa mencatat pada saat ada transaksi.

Nah Jika Anda sudah menggunakan software pastikan juga di software yang Anda gunakan ada kartu stoknya, dan terisi otomatis ketika Anda melakukan transaksi. Ketika Anda melakukan pembelian otomatis barang masuk bertambah dan ketika barang keluar baik adanya penjualan, konsinyasi dan retur barang ke supplier.

Dengan Anda menggunakan kartu stok ini juga mencegah kecurangan oknum-oknum Gudang. Tidak dapat kita pungkiri jika di dalam gudang pasti selalu ada “tikus” yang selalu mencuri kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Banyak yang memanipulasi data maupun fisik barang, jadi Anda harus lebih pintar dalam mengontrol stok barang Anda.

Dengan kartu stok ini menyimpan historical transaksi pada satu item, namun bagi para pekerja yang bertanggung jawab terhadap akurasi stok, kartu stok memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai dokumen kendali untuk melakukan pelacakan pergerakan barang.

Kartu stok dapat diaudit dan dibandingkan dengan dokumen penerimaan/pengeluaran (yang di file oleh administrasi) untuk mencegah “manipulasi” oknum-oknum pekerja gudang.

Nah, saran saya meskipun Anda sudah menggunakan software untuk membantu Anda dalam mengatur sistem perusahaan, Anda juga harus mempunyai kartu stok ini secara fisik sehingga Anda bisa mengontrol stok Anda dengan mudah dan akurat.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya kalau bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree