Seleksi Alam dalam berbisnis itu pasti, Ini tips menghadapinnya!!

Seleksi Alam dalam berbisnis itu pasti, Ini tips menghadapinnya!!

Seperti yang dijelaskan oleh revosioner Darwin. Seleksi Alam akan dialami oleh semua makluk hidup itu survive dalam menghadapi beratnya hidup. Terlebih lagi dalam berbisnis, selalu dan akan pastinya ada seleksi Alam. Makan memakan bisnis, saling menjatuhkan, inflasi, dan krisismoniter menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia perekonimian bisnis. Kebijakan pemerintah, kondisi politik yang berubah-ubah juga sangat mempengaruhi kestabilan ekonimi masyarakat.  Dalam berwirausaha pun, Anda harus selalu tanggap oleh segala perubahan yang terjadi.

Perubahan perkembangan teknologi kehidupan tidak memungkinkan Anda akan tersandung didalam kasus serius dalam bisnis Anda, yaitu kebangkrutan. Dahlan Iskan berpendapat bahwa “Mungkin dari 1000 orang pengusaha tidak semua bangkit lagi. Itu adalah seleksi alam”. Seleksi Alam dalam berbisnis selalu terjadi disaat krisismoniter terjadi. Gelombang berbagai macam bisnis yang tutup dan gulungtikar disebabkan oleh berbagaimacam faktor. Membuat bisnis yang bertahap memakan customer yang tersisa untuk menggunakan produknya.

Momentum ini bisa dijadikan sebagai loncatan pengusaha yang bisa bertahan, dan memenangkan pelombaan di saat krisis. Berikut tips yang bertahan disituasi ini :

  1. Efisiensi SDM
    Banyak yang dipilih oleh pengusaha dalam situasi ini adalah memecat karyawan yang tidak produktif. Jangan gegabah dahulu, berikan penjelasan kepada semua karyawan Anda akan situasi saat ini. Perbanyak strategi memaksimalkan kinerja karyawan untuk bangkit situasi ini. Anda juga bisa mengusulkan kepada semua karyawan anda untuk turut serta menjual produk Anda. Berikan komisi menarik untuk setiap penjualan karyawan diluar sales. Seperti yang dilakukan Dahlan Iskan menyuruh semua karyawannya turut membantu berjualan koran. 
  2. Mengutamakan uang tunai dalam transaksi
    piu
    tang dapat menjadikan jalan untuk memperoleh untung cepat. Namun, disaat Anda dalam keadaan terbatas hindari cara pembayaran kredit. Dimasa itu Anda sangat disarankan memiliki fresh money untuk diputar kembali dalam operasional bisnis Anda. 
  3. Menggunakan strategi lincah untuk bertahan
    Merubah strategi bisa dicoba untuk tampil beda dengan kompotitor. Dahlan Iskan untuk mempertahankan kejayaan JawaPos, beliau mengusulkan untuk koran terbit dipagi hari. Dan mengajarkan masyarakat untuk membaca koran di awal hari agar uptodate dengan keadaan saat ini. Cara ini sangat efektif untuk JawaPos karena menjadi pelapor koran di Pagi hari dan semua koran akhirnya meniru JawaPos untuk terbit dipagi hari. 
  4. Memanfaatkan momentum
    Perkembangan teknologi, berita viral bisa menjadi senjata jitu untuk Anda dompleng sebagai alat marketing. Menjadi jawaban atas setiap solusi permasalahan masyarakat bisa dijadikan cara Anda menjual produk Anda. Ketakutan-ketakutan akan kesehatan, maraknya gaya hidup sehat, atau momentum lainnya bisa Anda manfaatkan untuk media sponsor. Namun, tetap perhatikan kesesuaian momentum dengan jatidiri produk Anda. 
  5. Tes dan Ukur
    Semua cara yang Anda gunakan perlu sekali dilakukan pencatatan yang periodik, untuk mengetahu performa taktik yang Anda pilih. Terlebih lagi saat ini semuanya harus Anda bentuk dalam pencatatan Angka dan kalkulasi biaya untuk bisnis Anda. Jangan sampai Anda terlena dan melupakan cash Anda. 

Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup diera seleksi Alam bisnis ini. Tetap eksis dan bertahan lebih lama Anda akan menang. Kemenangan ini Anda akan rayakan setelah semua kompetitor Anda menyerah dan customer mereka pun beralih kepada Anda. Semangat belajar terus juga kuncinya dan terpenting adalah fokus kepada Angka. Let’s #beefree