Yakinlah, Keluhan Pelanggan Adalah Anugerah

Yakinlah, Keluhan Pelanggan Adalah Anugerah

Diperjalanan bisnis Anda, pasti pernah mengalami komplain pelanggan yang membuat Anda takut? Padahal Anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jasa, barang serta pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Namun tetap saja,  pelanggan adalah raja dan Anda akan memperlakukan mereka sebaik mungkin yang Anda bisa. Ketakutan Komplain pelanggan menjadi ketakutan dan mungkin anda hindari. 

Ups, rupanya mindset ini salah lho! Justru ini bisa merugikan bisnis yang Anda bangun. Sebaliknya, Anda harus bersyukur ketika bisnis yang Anda lakoni mendapat komplain atau keluhan dari pelanggan. Kenapa sih?

1. Komplain berarti perhatian. Percaya gak percaya, mereka concern terhadap bisnis yang Anda jalankan!

Seperti sepasang kekasih pasti ada sajakan yang terjadi dalam hubungan. Sedikit kritik saling membangun itu penting loh. Termasuk dalam bisnis Anda, Bayangkan bila Anda punya pelanggan yang diam saja tiba-tiba tidak respek lagi dengan produk Anda. Ditinggalkan secara sepihak, rasanya pasti tidak enak. Ya kan? 

Jadi syukuri dan nikmati segala perhatiaan yang anda dapat untuk bisnis Anda. 

2. Selain perhatian, komplain juga berarti peduli. Semakin banyak yang komplain, semakin banyak yang peduli terhadap bisnismu.

Semakin banyak yang komplain jangan semakin takut dan pesimis. Anda seharusnya semakin bahagia? karena banyak yang sayang sama bisnis Anda. 

3. Keluhan adalah respon terbaik dari pelanggan.

Keluhan yang Anda dapatkan sangat bermanfaat untuk perbaikan usaha Anda. Jangan meremehkan setiap keluhan pelanggan, itu bisa menjadi celah Anda untuk lebih unggul di bandingkan kompetitor Anda.

4. Berbahagialah, pelangganmu mulai menyukai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Terbukti, mereka mau memberi masukan.

Masukan tanda dia loyar dan menyukai produkmu. Untuk keuntungan bersama mereka menginginkan yang terbaik untuk Anda dan mereka sendiri. 

5. Ini salah satu pertanda jika bisnismu perlahan dan pasti mulai diakui.

Di akui usaha Anda, tanda anda telah menarik hati para pelanggan Anda. Sehingga mereka membicarakan keberadaan bisnis dan produk Anda. 

6. Dan tentu saja kamu masih punya sejuta kesempatan untuk membuat bisnismu berkembang jauh lebih baik.

Dengan mengumpulkan keluhan dan komplain pelanggan Anda telah sedikit berhemat waktu untuk melakukan research pasar. Anda bisa menggali terus kebutuhan mereka dalam produk Anda. Anda bisa semakin berkembang dan terbaik di bidang Anda. 

Jadi jangan pernah takut dan meremehkan keluhan Pelanggan Anda ya? semua itu demi perbaikan Anda juga. Yuks komen dibawah, sudah membantukah Beecloud dalam memudahkan Anda menjalankan bisnis? atau kirim di Feedback.. Anda yang mengirimkan kritik dan saran akan mendapatkan hadiah menarik dari Beecloud. Let’s #beefree