2 Tujuan Utama Melakukan Promosi Penjualan (2)

Seperti yang telah dibahas di postingan sebelumnya, selain tujuan meningkatkan segala aspek yang dapat ditingkatan. Kita juga bisa memperluas dan menciptakan hal baru untuk melakukan promosi penjualan yaitu dengan cara Horisontal. Terdapat macam-macam aspek tujuan horisontal promosi penjualan yang dapat kita jabarkan berdasarkan pencapaiannya :

1. Memperluas Kegunaan

Saat bisnis kita kurang menghasilkan atau sepi, saatnya kita cari alternative lain yaitu memperluas target bisnis kita. Kita ambil contoh bisnis persewaan mobil, anda bisa mencoba memperluas layanan dengan menyediakan layanan antar jemput anak sekolah, atau antar jemput kantor. Bisa juga bila anda punya bisnis layanan delivery barang anda dapat bekerja sama dengan para online shop atau restoran. Anda bisa bekerjasama untuk membuat system baru saling menguntungkan.

2. Menciptakan ketertarikan dengan tips and trick

Bayangkan kita sebagai customer yang melihat suatu fanpage Facebook atau website suatu brand produk isinya hanya berjualan saja dan barangnya itu-itu saja. Pastinya kita hanya membukanya saat butuh saja.  Kita dapat mengundang para calon customer atau customer kita untuk terus mengikuti setiap aktifitas produk kita dengan cara tips atau pengetahuan tambahan yang bermanfaat. Seperti yang banyak dilakukan toko online muslim yang menjual tips cara mengenakan jilbab gaul, dakhwa islam seputar hijab syar’i, dan dengan sendirinya mereka sudah menjual produk mereka.

3. Menciptakan kesadaran dengan buat jingle

Keajaiban lagu jingle tanpa sadar mengena dipikiran para calon pelanggan. Seperti yang dilakukan eskrim walls saat lewat didepan rumah pasti setiap bocah paham, atau sariroti dan juga motor Honda. Pasti kita apalkan apa jingle mereka? Sepertinya kita perlu meniru menciptakan jingle untuk menciptakan kesadaran akan produk kita.

4. Melakukan kerjasama dengan produk atau jasa mendukung

Strategi promosi ini sangat efektif untuk memperluas market kita. Contoh strategi promosi ini bisa lakukan dengan menggabungkan produk atau jasa lain yang sudah dikenal dipasaran. Contohnya pada usaha travel yang membuat sistem paket trip wisata dari akomondasi hingga penginapan, makan dan tour guide. Atau seperti diswalayan yang sering kita jumpai, membeli produk sabun A gratis produk tester kecantikan.Jangan khawati dengan cara itu, kita tidak akan kehilanggan pelanggan hanya dengan “berbagi” promosi bersama malah menambah minta pembelian customer. Asal tidak dengan produk atau jasa kategori sejenis.

5. Mengalihkan perhatian dari harga

Strategi ini mengalihkan perhatian konsumen dari harga sehingga tidak terjebak dalam perang harga. Perang harga bisa membuat kita kehabisan tenaga, mendapatkan marjin tipis atau bahkan usaha anda hancur berkeping-keping. Banyak cara agar konsumen kita bisa beralihkan perhatiaanya dari segi harga, contoh:

  • Beli tiga gratis satu
  • Discount untuk pembelian berikutnya
  • Atau menawarkan kemasan dengan isi lebih banyak, seperti yang dilakukan kemasan shampoo sachet “isi 30% lebih banyak”

6. Mendapatkan dukungan dari perantara

Produk atau jasa kita butuh dukungan dari orang lain atau perantara. Maksudnya perantara disini adalah pedagang grosir, distributor, agen, pengecer atau makelar. Bahkan pelanggan-pun bisa disebut perantara jika mereka ikut merekomendasikan produk kita karena puas.

Langkah-langkah efektif untuk promosi penjualah perantara , seperti :

  • Program “member get member” yang memberikan uang bagi pelanggan apabila membawa konsumen lain.
  • Memberikan penawaran harga yang bisa membuat marjin distributor, agen, pengecer atau sales kita lebih tinggi.

7. Mengikuti forum

Mencari pelanggan didalam forum-forum, kita bisa aktif membantu market secara personal. Berpromosi ini dapat dengan halus sembari tetap memperluas pasar sekaligus menyentuh konsumen kita secara langsung.

8. Melakukan diskriminasi customer

Melakukan pembedaan untuk customer kita. Bukan berarti kita pemilih tapi kita harus selektif sama seperti customer yang memilih produk yang dibeli, kita juga harus memilih customer mana yang kita layanin atau berikan produk kita.Disktiminasi antar customer memungkinkan usaha kita mengembangkan paket khusus dari produk, harga, distribusi dan promosi untuk kategori berbeda. Contohnya seperti :

  • Kita memberikan harga khusus bagi mereka yang melakukan pemesanan lebih awal atau melalui tempat tertentu seperti datang langsung ke toko kita, pemesanan khusus melalui web, pembelian jumlah banyak atau yang lainnya
  • Kelompok tertentu kita berikan harga khusus yang tidak kita berikan kepada kelompok lainnya. Contohnya adalah anda memberikan harga khusus kepada anak-anak, namun harga itu tidak berlaku bagi orang tua dan dewasa, seperti yang dilakukan armada bis dalam kota.

Dari 2 tujuan utama promosi diatas, kita memahami pentingnya penentuan tujuan kita. Jangan asal saja memberikan program promosi penjualan tanpa ada tujuan yang jelas. Efeknya sedikit banyak bisa mempengaruhi branding merek produk atau jasa kita.

Ingat, kita bisa sampai ke suatu tempat karena kita tahu dengan jelas tujuan kemana kita akan pergi. Bisa naik bis, motor ataupun mobil. Jika kita tidak tahu, kita tidak akan sampai ke tempat tujuan kita. Sama seperti strategi promosi produk atau jasa kita. Jadi bukan cara promosi produk yang anda dahulukan, akan tetapi tujuannya.

Sekarang waktunya anda mencoba, bagaimana anda sudah siap? Yukk coba tetapkan tujuan promosi anda..

Sebarkan manfaatnya :