2 Tujuan Utama Melakukan Promosi Penjualan (1)

2 Tujuan Utama Strategi Promosi yang Harus Anda Analisa sebelum Melakukan Promosi !!

Adakah pelanggan yang tidak doyan promo, diskon atau bonus? pasti semua pelanggan suka banget diskon dan bonus.

Promo, diskon dan bonus bentuk dari cara promosi penjualan yang sering kita ketahui. Promosi sendiri adalah aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Perlu anda ketahui dalam memasang promo kita harus menetapkan terlebih dahulu tujuan pemasaran. Hal ini sangat penting agar kita dapat menganalisis seberapa akurat promosi penjualan yang anda lakukan untuk mencapai tujuan promosi penjualan sebelum anda membuat dan melaksakan strategi promosi penjualan tersebut.

Ada 2 Jenis tujuan utama promosi penjualan yang harus kita ketahui : Vertikal dan Horisontal

Bee-grafik-2-tujuan-utama-promosi-penjualan

Vertikal (Meningkatkan) semua hal yang mampu ditingkatkan

1. Meningkatkan Volume

Strategi promosi ini biasa digunakan untuk menghabiskan stok lama, mengurangi stok yang tertimbun digudang atau untuk memenuhi stok  di tingkat pengecer sebelum pesaing kita memperkenalkan produk yang sama (mendominasi produk). Efeknya, strategi ini membuat kita memdapatkan “pembeli marjinal” yaitu pembeli yang hanya membeli produk atau jasa kita hanya pada masa promosi.

2. Meningkatkan pembeli coba-coba / Trial

Strategi ini cara yang cocok untuk mengundang pembeli potensial kita menggunakan produk atau jasa. Strategi yang bisa anda lakukan dengan cara :

  • Memberikan sampel gratis atau kupon untuk mencoba sehingga calon pembeli dapat mencoba produk atau jasa anda
  • Memberikan manfaat tambahan sehingga produk atau jasa anda tampak superior dibandingkan produk sejenis
  • Memberikan manfaat financial jangka pendek, bisa dengan cara memberikan angsuran pembelian tanpa bunga, tentunya dengan memperhatian situasi dan kondisi usaha kita

3. Meningkatkan Pembelian Ulang

Cara promo yang membuat pembeli kembali menggunakan dan meningkatan pembeliannya dalam jumlah besar. Promosi pembelian kembali juga bisa menjadi “gangguan” untuk produk pesaing baru akan melakukan launching produk sejenis menggunakan produk yang kita buat.  Anda bisa gunakan cara-cara efektif seperti:

  • Kupon didalam produk yang berisi potongan harga bagi pembelian selanjutnya.
  • Menggunakan cara “beli tiga gratis satu”
  • Atau menggunakan cara “10 kupon gratis satu”

4. Meningkatkan loyalitas

Berbeda dengan strategi promosi penjualan seperti pemberian diskon langsung, promosi loyalitas lebih ke memberikan daya tarik berupa manfaat tertentu. Seperti member card berisi fasilitas-fasilitas yang kita berikan khusus. Contohnya saat kita mengikuti member club fitnes, kita akan lebih merasa kepemilikan atas tempat kita bergabung member club fitnes daripada tidak.

Tujuan vertikal ini lebih mengutamakan meningkatkan penjualan dengan berbagai macam strategi yang dapat kita fokuskan. Selain itu, kita juga perlu menganalisa efek samping dari promosi yang akan dan telah dilakukan. Selain meningkatkan penjualan dengan cara meningkatkan segara aspek, kita juga dapat memperluas market sebagai salah satu tujuan utama.

Bersambung……

Sebarkan manfaatnya :