3 Alasan Penting Pembukuan Sederhana Usaha Anda Harus Beralih ke Aplikasi Akuntansi Berbasis Teknologi

Aplikasi Akuntansi

Sekedar referensi, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, sekitar 20 persen usaha kecil gagal sebelum mereka menyelesaikan tahun kedua mereka. Di antara banyak penyebab potensial kematian usaha kecil yang ternyata justru kian menyebar luas ini adalah kurangnya manajemen keuangan dan pembukuan yang efektif. Dengan kata lain, pembukuan sederhana sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan bisnis masa kini. Aplikasi akuntansi bisnis berbasis teknologi “cloud” seperti Beecloud saat ini dibutuhkan untuk dapat melakukan banyak hal mencegah bisnis Anda jatuh ke dalam perangkap kerumitan administrasi akibat minimnya pemanfaatan teknologi.

Baca Juga: Bagaimana Mengukur Keberhasilan Suatu Bisnis?

Cara Kerja Aplikasi Akuntansi Berbasis Teknologi Pengganti Sistem Pembukuan Sederhana

Sistem pencatatan akuntansi mungkin tidak membuat daftar hal-hal yang Anda sukai atau butuhkan sebagai pemilik bisnis. Walau kadang yang Anda butuhkan bisa saja rumit, namun tetap perlu dilakukan dengan benar. Kini, para pembuat solusi aplikasi akuntansi online telah bekerja keras untuk menyajikan sistem akuntansi sesederhana mungkin tapi dengan kondisi senyaman mungkin. Beberapa aplikasi dalam Beecloud termasuk untuk yang skala global seperti QuickBooks Online, Zoho Books, dan ZipBooks kini makin Anda butuhkan daripada aplikasi yang lain.

Bagaimana aplikasi akuntansi online ini bekerja?

aplikasi akuntansi

Gambar 1. Cara Kerja Aplikasi Akuntansi (Sumber: Bee.id)

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi produktivitas online, Anda tidak akan kesulitan memahami struktur layanan ini. Mereka semua membagi konten mereka menjadi modul logis dengan menyediakan panduan navigasi lainnya. Tugas penjualan dikelompokkan bersama, seperti halnya kegiatan pembelian, inventaris, pelaporan, dan penggajian. Selalu ada tautan “Pengaturan” yang membawa Anda ke layar tempat Anda dapat menentukan preferensi untuk seluruh fitur yang ada di aplikasi tersebut; termasuk tugas pengaturan yang mungkin perlu kadang-kadang perlu Anda modifikasi, seperti misalnya membatasi pengguna tambahan ke area tertentu.

Beranda dasbor situs juga menyediakan tinjauan real-time dari informasi keuangan yang perlu Anda sering lihat, termasuk grafik yang membandingkan pendapatan dan pengeluaran, saldo akun, faktur dan tagihan yang perlu perhatian segera. Untuk memudahkan, sering ada tautan ke area situs tempat Anda dapat mengambil tindakan.

Jika Anda menggunakan konvensi web standar untuk bernavigasi di setiap fitur aplikasi akuntansi, sepanjang navigasi, Anda akan menemukan banyak tombol dan panah, daftar drop-down dan menu. Warna kadang-kadang digunakan untuk menandakan informasi terkait, sementara grafik dan font dipilih dengan baik untuk membuat aplikasi akuntansi tersebut semenarik mungkin. Semuanya punya tujuan satu, agar aplikasi akuntansi tersebut “user friendly” dan bisa menggantikan sistem pencatatan sederhana yang selama ini masih banyak digunakan pebisnis konvensional.

Lantas, apa sajakah manfaatnya bagi pemilik usaha kecil jika ingin beralih ke aplikasi berbasis teknologi tersebut?

3 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi untuk Usaha Kecil Menengah

Berpindah dari sistem pembukuan sederhana ke sistem aplikasi akuntansi berbasis teknologi cloud bukan hanya sekedar tren atau ikut-ikutan, tapi sebenarnya punya banyak manfaat. Berikut ini 3 keuntungan menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi tersebut:

1. Membantu memudahkan dalam administrasi pajak

Selain menunjukkan berapa banyak pajak yang dibayarkan pada faktur tertentu, perangkat lunak akuntansi untuk usaha kecil juga membantu Anda untuk menyiapkan laporan yang menunjukkan, misalnya, berapa banyak pajak tertentu yang telah dibayarkan usaha Anda selama periode waktu tertentu, sehingga lebih mudah untuk mengumpulkan data yang perlu Anda lengkapi.

2. Berfungsi sebagai alat bantu analisis usaha Anda

Memiliki perangkat lunak aplikasi akuntansi bisnis yang baik sangat menguntungkan layaknya kita memiliki penasihat keuangan internal. Laporan yang ditampilkan bahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang memungkinkan Anda untuk menganalisis berbagai aspek usaha kecil Anda, serta memberikan data yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Laporan standar seperti Neraca bisa menunjukkan dengan tepat seberapa baik bisnis Anda saat ini, sementara laporan tunggakan piutang memungkinkan Anda mengelola piutang akun Anda dengan lebih mudah.

3. Bagus dari sisi akurasi laporan data keuangan

Karena perangkat lunak aplikasi akuntansi untuk usaha kecil melakukan begitu banyak perhitungan yang diperlukan untuk Anda, maka data keuangan Anda akan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada jika Anda menyimpan catatan pena dan kertas gaya lama dalam sebuah pembukuan sederhana, apalagi jika Anda memiliki beberapa orang yang berbeda untuk memasukkan data. Resiko salah memasukkan data relatif besar.

Nah, kini Anda paham bukan, mengapa usaha kecil Anda harus pindah dari catatan pembukuan sederhana menuju ke sistem aplikasi akuntansi berbasis teknologi?

Jika Anda menginginkan Aplikasi Akuntansi dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Online Bee.id!

Sebarkan manfaatnya :