3 Hal Penyebab Perusahaan yang Bangkrut/Guling Tikar (Part. 02)

Meneruskan artikel kemarin 3 Hal Penyebab Perusahaan yang Bangkrut / Gulung Tikar (Part. 01). Stock yang susah dikontrol menjadi hal yang fatal bila Anda teruskan mengelolah dengan cara yang salah. Sistem managemen stock rapi solusinya, apa Anda telah menerapkannya? Penyebab yang kedua kebangkrutan yaitu piutang macet atau Bad Debt disebabkan oleh pelanggan Anda bebas berhutang tanpa Anda batasin dan deadline yang tidak Anda tegaskan.

Apa Anda setuju hal ini, bahwa piutang macet momok yang mengerikan? Hal ini terbukti dengan para pengusaha memiliki debt collector sendiri untuk melakukan penagihan.

depkolektor

Sebagai pengusaha Anda paham sekali jika salah satu pendukung kelancaran sebuah bisnis adalah cashflow yang lancar. Oleh karena itu biasanya cash flow sering disebut dengan jargon “Cash Is The King”. Jadi saat cash tidak lancar tentunya akan membuat bisnis Anda terganggu dan terhambat.

Meski demikian, penjualan secara kredit sangat membantu Anda untuk melancarkan bisnis agar tetap beroperasional dan stock Anda terdistribusi dengan maksimal. Anda perlu merencanaan, pengelolaan dan kontrol agar kredit customer anda dapat segera ditarik untuk pembiayaan operasional perusahaan.

Untuk memudahkan Anda mencairkan uang dari para customer. Anda harus paham cara mengatasi piutang macet atau tidak tertagih. Pasti Anda pernah mencoba berbagai cara, mulai dari cara menjalin hubungan, mengingatkan, memberi solusi pembayaran dan memaksa. Amati apa saja yang menjadi faktor-faktor penyebab piutang tak tertagih itu terjadi. Manakah yang menurut Anda paling sesuai? 

Mengingat begitu pentingnya kelancaran cash untuk kelangsungan bisnis Anda. Oleh karena itu Anda harus melakukan pencatatan piutang secara disiplin dan akurat. Ini penting Agar Anda dapat memantau arus kas Anda secara realtime. Sedangkan informasi mengenai piutang yang diperlukan antara lain :

  • Saldo piutang setiap customer pada saat tertentu
  • Riwayat pelunasan piutang yang dilakukan oleh setiap customer
  • Umur piutang setiap customer.

Dengan Anda memiliki informasi seperti diatas, memudahkan Anda untuk mengendalikan piutang secara intern. Bila Anda memiliki pencatatan yang sistematis Anda dapat mengingatkan customer Anda secara periodik tanggal jatuh tempo. Semua informasi diatas hanya dapat Anda peroleh dari Kartu Piutang.laporan kartu piutang gambar

Sebab itu Anda harus tahu betul dokumen-dokumen pokok apa saja yang digunakan sebagai dasar pencatatan kartu piutang:

  1. Faktur Penjualan, dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan timbulnya piutang atas dasar transaksi penjualan kredit. Dokumen ini dilampiri dengan surat muat (bill of loading) dan surat order pengiriman sebagai dokumen pendukung untuk mencatat transaksi penjualan kredit.
  2. Bukti Kas Masuk, dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan berkurangnya piutang dari transaksi pelunasan piutang oleh debitur.
  3. Memo Kredit, dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan retur penjualan. Dokumen ini dikeluarkan oleh bagian order penjualan.
  4. Bukti Memorial (Journal Voucher), bukti memorial adalah dokumen sumber untuk dasar pencatatan transaksi kedalam jurnal umum. Dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan penghapusan piutang. Dokumen ini dikeluarkan oleh fungsi kredit yang memberikan otorisasi penghapusan piutang yang sudah tidak dapat ditagih lagi.

Kartu piutang ini sangat membantu Anda melihat progres transaksi pembayaran dan riwayat piutang customer. Bila Anda menggunakan sistem pencatatan yang sesuai maka dengan mudah Anda mengontrol piutang dengan sistem reminder dan selalu lakukan pencatatan secara disiplin untuk setiap piutang Anda. Dan jangan pernah mengabaikan piutang sekecil apapun itu. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Share dong pengalaman Anda menagih piutang yang paling alot dan caranya? info itu sangat membantu rekan-rekan yang memiliki masalah yang sama. Jangan lupa share artikel ini di media sosial Anda bila artikel ini bermanfaat agar rekan-rekan Anda yang terjebak piutang dapat memecahkan masalahnya juga. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :