3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula-01

Membuka sebuah bisnis sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang sulit. Ketika Anda memiliki modal, kemauan, dan tekad yang kuat maka Anda siap memulai sebuah bisnis. Namun sayangnya, ketiga hal tersebut saja tidak cukup untuk menjadikan Anda pengusaha yang hebat. Banyak pengusaha pemula yang harus jatuh bangun terlebih dahulu sebelum sukses mendirikan usaha.

Yang dimaksud sukses menjalankan usaha adalah mereka yang bisa mempertahankan usaha serta mengembangkannya, bukan sekedar membuat dan mendirikan saja. Sayangnya hal ini sulit untik dilakukan pengusaha pemula.

Berikut ini adalah 3 kesalahan utama yang paling fatal dilakukan oleh pengusaha pemula saat memulai usaha. Semoga bisa menjadi masukan bagi Anda yang sedang merintis usaha agar menghindari 3 kesalahan berikut ini.

1. Terlalu berani untuk berinvestasi meskipun pengalaman masih minim

Banyak pebisnis pemula yang terlalu gegabah dalam menginvestasikan uang mereka. Memang dalam bisnis pengusaha dituntut untuk berani berinvestasi, namun tetap perlu perhitungan. Jangan sampai salah perhitungan yang malah membuat rugi sendiri.

Meskipun  ide bisnis Anda menarik dan hasilnya tampak menggiurkan, namun tanpa validasi yang kuat, Anda sama saja membawa diri sendiri ke jurang kegagalan. Pastikan sebelum Anda berani mengeluarkan uang untuk mewujudkan gagasan bisnis Anda, Anda telah mencoba dan mengujinya terlebih dahulu. Pastikan bahwa bisnis Anda bisa diterima masyarakat dan berkembang sesuai harapan.

Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya sebelum Anda benar-benar terjun membangun bisnis Anda. Konsultasikan terlebih dahulu gagasan Anda pada orang terpercaya, misalnya melalui komunitas pengusaha. Anda juga bisa mengetes pasar sendiri dengan menarik dan menguji produk Anda kepada para konsumen potensial.

Investasi tanpa pengalaman yang berarti merupakan bentuk kesalahan utama yang sering dlakukan oleh pebisnis pemula. So, sebaiknya hal ini perlu dihindari agar tak terjadi kesalahan yang sama.

2. Terlalu lama merealisasikan ide

Kesalahan yang kedua terletak pada lamanya merealisasikan atau mewujudkan ide yang sebenarnya sudah muncul di kepala. Meskipun tetap harus menguji pasar, namun keterlambatan masuk ke pasar juga menyebabkan pebisnis pemula mengalami kegagalan.

Anda perlu tahu bahwa mewujudkan ide bisnis itu memerlukan waktu dan momen yang strategis. Hindari terlalu lama memikirkan dan merumuskan ide tanpa tahu kapan ide tersebut akan terwujud. Yang perlu Anda lakukan adalah mencoba mengembangkan semua ide dan mewujudkannya, baru kemudian melihat respon dari konsumen apakah mereka tertarik dengan produk Anda atau tidak.

3. Kurangnya link atau jaringan

Banyak pengusaha pemula yang juga kurang memperhatikan perlunya koneksi atau jaringan. Padahal kesuksesan Anda sedikit banyak tergantung pada orang-orang yang Anda kenal. Ketika koneksi atau jaringan Anda bagus, maka Anda memiliki kesempatan untuk sukses lebih besar dibanding dengan pengusaha lain yang sedikit memiliki koneksi.

Koneksi dengan orang terdekat akan memudahkan Anda dalam banyak hal, mulai dari pengembangan bisnis hingga pemasaran. Oleh karena itu memperluas jaringan atau koneksi merupakan hal wajib yang dilakukan oleh pengusaha, terlebih pengusaha pemula.

Ketika jaringan Anda luas, maka kesempatan besar pun menghampiri Anda. Bisa saja Anda menemukan investor atau bahkan konsumen loyal dari sebuah jaringan bukan?

Itulah 3 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula tanpa disadari, yang pada akhirnya membuat bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana. Meskipun jatuh bangun dalam membangun usaha mau tidak mau harus dirasakan oleh pengusaha pemula, tapi paling tidak ketika Anda menghindari kesalahan umum diatas, Anda sudah melakukan satu langkah lebih baik unuk maju ke depan. Selamat berbisnis!