4 Cara Tepat Membangun Layanan yang Profesional

Dalam memiliki perusahaan target utama yang ingin diraih yaitu mencari profit atau keuntungan. Apabila dalam berusaha perusahaan minim profit maka suatu perusahaaan tidak akan bertahan jangka panjang.

Salah satu usaha untuk memaksimalkan profit yaitu dengan menjaga para pelanggan setia untuk terus mau beli produk dan jasa perusahaan kita. Memiliki pelanggan setia adalah sebuah investasi besar dikarenakan pelanggan setia akan terus membeli produk kita sampai akhir hayatnya.

Salah satu cara untuk membangun pelanggan setia yaitu dengan membangun layanan yang profesional sehingga pelanggan dengan senang hati menerima pelayanan maksimal dari perusahaan kita. Ada beberapa cara tepat membangun layanan yang profesional antara lain :

1. Pelayanan Tanggap

Setiap pelanggan pasti mendambakan pelayanan yang tanggap atas setiap keluhan yang dialami. Pelanggan perlu dimengerti dengan cepat karena masalahnya bukan hanya satu saja pasti banyak.

Pelayanan tanggap bisa dilakukan dengan melakukan menemui langsung, balasan email, chat, telephone dengan cepat. Beberapa masalah yang Anda tidak ketahui wajib Anda tanya kepada yang ahli di perusahaan anda.

Bila Anda tidak bisa menjawab keluhan pelanggan, maka Anda menganjurkan  pelanggan untuk menunggu sementara dan Anda beri kepastian keluhan tersebut diselesaikan.

Baca Juga: 5 Jenis Srategi Pemasaran Produk yang Perlu Anda Ketahui

Banyak sekali provider selular di indonesia memiliki call center, alangkah baiknya setiap perusahaan mencantumkan call center supaya layananan profesional yang tanggap tercapai.

2. Dengarkan keluh-kesah pelanggan

Pelanggan juga manusia yang perlu didengarkan supaya curahan hatinya terpuaskan. Mendengarkan memang salah satu kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. Tetapi pelanggan adalah penglaris perusahan Anda yang membuat Anda bisa makan setiap hari.

Anggaplah pelanggan sebagai sahabat Anda sehingga Anda akan luwes dalam mendengarkan keluh kesahnya. Dengan memiliki perilaku mendengarkan yang baik maka bisnis Anda akan lebih berkembang dikarenakan Anda selalu menerima fedback dari pelanggan Anda yang membuat pelanggan terayomi dengan baik.

3. Selalu sabar menghadapi pelanggan

Apabila menjalankan bisnis apapun pasti ada juga kelakuan pelanggan yang tidak bersahabat dengan kita. Banyak sekali pelanggan kecewa bahkan marah kepada kita akibat pelayanan yang kurang maksimal.

Kesabaran dalam menghadapi pelanggan amat vital dikarenakan apabila ada satu dua pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan perusahaan kita maka ibarat limbah beracun yang akan mencemari suatu daerah.

Memang ada pepatah yang menerangkan bahwa sabar ada batasnya, tetapi kita harus sabar demi pelanggan kita karena pelanggan yang membayar kita. Bila menghadapi pelanggan yang marah-marah cukup dengarkan dan beri solusi sederhana dan logis agar kemarahannya sedikit mereda.

4. Kesantunan dalam tutur dan sikap

Ada banyak perusahaan yang jarang menggunakan etika ampuh ini yaitu santun kepada para pelanggan. Dengan kesantunan yang semakin sedikit di berbagai perusahaan menjadi nilai tambah bagi perusahaan kita untuk terus melejit.

Ada sebuah pepatah lama yaitu “pelanggan adalah raja “, dengan memberikan kesantunan kepada pelanggan membuat mereka berbangga layaknya raja dalam sehari. Di kota-kota besar kesantunan amat diperlukan supaya perusahaan kita tampil beda dengan yang lainnya.

Pada awal sebelum melakukan berbagai tugasnya eloknya para karyawan Anda training yang menganjurkan untuk berperilaku santun kepada para pelanggan. Ingat pelanggan adalah raja sehingga kita harus memperlakukan mereka layaknya raja seperti berbicara pelan dan halus, menyapa dengan menyebutkan nama, tersenyum pada tempatnya, tidak membantah dengan nada tinggi dan lain sebagainya.

 

Jadi dengan membangun pelayanan yang profesional akan berdampak pada kesetiaan pelanggan. Pelanggan akan dengan senang hati membeli produk dan jasa kita karena senang akan pelayanan prima kita.

Sebarkan manfaatnya :