5 Faktor yang Menyebabkan Gagalnya Bisnis

Mungkin Anda sering mendengar bahwa ada banyak sumber kesuksesan, tetapi hanya ada satu penyebab kegagalan. Namun, hal ini tentunya tidak berlaku bagi jalannya sebuah bisnis. Selain kurangnya pengalaman orang yang menjalankan bisnis, ada banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi.

Jika Anda bisa mengetahui beberapa alasan mengapa sebuah bisnis bisa gagal, Anda bisa menghindarinya serta belajar cara mengambil keputusan yang tepat bagi. Di bawah ini, ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan kegagalan sebuah bisnis dan sebaiknya Anda hindari demi bisnis yang sukses.

Riset pasar, marketing, dan penjualan yang kurang baik.

Hal ini mengejutkan, namun ternyata banyak sekali pemimpin perusahaan yang tidak melakukan riset pasar dengan cukup baik sehingga tidak mengetahui ukuran pasar ataupun target konsumen yang mereka ingin capai. Mereka tidak mengetahui secara pasti hasil apa yang diinginkan dari pemasaran suatu produk sebelum mengeluarkan banyak dana untuk pemasaran. Sebagai akibatnya, akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kurangnya minat pelanggan, kurang menonjolnya produk dibandingkan dengan competitor, serta terlambat menyadari bahwa kebutuhan akan suatu produk atau jasa kurang banyak.

Untuk menghindari hal ini, ketahui bagaimana cara membangun prospek bisnis yang baik. Anda juga harus mencari cara menemukan target konsumen yang tepat, mengeluarkan usaha yang sepadan dengan hasil, serta memperhatikan masukan dari pelanggan dengan sungguh-sungguh.

Manajemen keuangan yang kurang baik.

Salah satu masalah yang bisa menyebabkan gagalnya sebuah usaha adalah kurangnya pengetahuan pemilik usaha tentang jalannya keuangan dan cara mempertahankannya. Kebanyakan kegagalan ini disebabkan oleh kurangnya pengaturan keuangan dalam suatu bisnis, perkiraan biaya yang kurang tepat, serta tidak bisa menyesuaikan pertumbuhan ekonomi dengan keuangan perusahaan.

Kegagalan bisnis karena masalah keuangan bisa dihindari dengan cara tidak tergantung pada beberapa klien tertentu, mencoba mencari keuntungan sebanyak mungkin untuk mendukung perkembangan perusahaan, serta memanajemen suatu proyek dengan sebaik mungkin. Bahkan jika bisnis Anda menunjukkan kualitas yang baik, bukan tidak mungkin akan banyak perusahaan lain yang tak segan membangun koneksi dengan perusahaan Anda.

Kurangnya perhatian akan faktor eksternal.

Ada banyak faktor eksternal yang bisa memengaruhi jalannya perusahaan seperti bencana alam, jatuhnya harga saham, pergantian peraturan perpajakan, serta berubahnya preferensi konsumen. Yang membuatnya sulit diatasi adalah seorang pemimpin perusahaan tidak akan bisa mengatasi hal ini.

Namun, kehancuran akibat berbagai faktor eksternal ini bisa diatasi dari awal dengan cara mempersiapkan mitigasi “bencana”. Selain membuat rencana pengembangan perusahaan, Anda harus bisa mempertimbangkan semua risiko yang mungkin muncul untuk menjalankan rencana dengan sukses.

Kemampuan memimpin yang kurang baik.

Memimpin jalannya suatu bisnis berarti memastikan bahwa perusahaan berfokus dengan hal yang penting seperti tujuan, target konsumen, produk, dan berbagai rencana. Manajemen berarti memastikan semua hal ini berjalan dengan baik.

Namun, kenyataannya banyak sekali pemimpin perusahaan yang tidak mau belajar lebih dari pengalaman serta menganggap mereka sudah memiliki cukup kemampuan. Untuk menghindari kegagalan bisnis karena hal ini, sebaiknya Anda selalu belajar dari pengalaman dan mencoba memperbaiki segala hal yang dirasa masih kurang.

Kurang perencanaan dan pelaksanaannya

Banyak pemimpin perusahaan yang kurang mengerti bahwa arah dan tujuan perusahaan sepenuhnya merupakan tanggung jawab mereka dan harus diimbangi dengan perencanaan serta pelaksanaan rencana yang baik. Akibatnya, seringkali banyak rencana yang kurang realistis dan akhirnya tidak tercapai.

Untuk menghindari kekecewaan karena target tidak bisa tercapai, pemimpin perusahaan harus bekerja sama dengan para manager untuk mendapatkan pertimbangan, strategi, serta saran yang membangun.

Sebarkan manfaatnya :