5 Jenis Srategi Pemasaran Produk yang Perlu Anda Ketahui

Suatu perusahaan dalam melakukan usahanya target utamanya adalah menghasilkan profit. Bahkan ada istilah bukan pelanggan adalah raja tetapi profit is king dalam suatu perusahaan. Percuma memiliki ribuan pelanggan setia tetapi dalam menjalankan roda bisnis perusahaan mematok keuntungan yang minim sehingga perusahaan menjadi kerdil.

Dalam usaha meraih profit, perusahaan melakukan daya upayanya seperti melakukan pemasaran yang masiv. Pemasaran merupakan sarana untuk meraih profit terbaik tanpa adanya pemasaran maka perusahaan tanpa adanya profit berakhir di ujung tanduk perusahaan tersebut. Salah satu fungsi utama pemasaran yaitu agar produk kita dikenal masyarakat dan dibeli oleh mereka.

Kita tidak heran dalam memacu profit maksimal akan dilakukan berbagai cara strategi marketing terbaik oleh setiap perusahaan.

Strategi pemasaran sangat beragam dan inovatif terlebih memasuki era digital yang setiap daerah hampir pasti bisa mengakses internet. Dunia digital ibarat pisau tajam bisa untuk mengiris sayuran bisa juga menyayat tangan kita sehingga berdarah. Dunia digital membuat biaya dalam memasarkan produk lebih mudah dan hemat.

Coba anda bayangkan jaman dahulu, biaya pemasaran sangat mahal misal kita iklan di koran, media radio dan televisi. Sekarang mengandalkan berbagai fitur aplikasi gratis kita bisa mengiklankan produk kita. Ada 5 jenis strategi pemasaran produk yang perlu anda ketahui, supaya produk anda dikenal dan laris di pasaran seperti :

1. Menggunakan sosial media

Dengan menggunakan media sosial media anda bisa memasarkan berbagai produk ada bahakan bisa dengan tanpa biaya sepeserpun. Dikarenakan banyaknya pengguna media sosial seperti facebook, twitter ,istagram dan lain sebagainya sehingga ceruk pasarnya berlimpah ruah. Dengan sosial media memberikan kelebihan pelanggan anda bisa seluruh pelosok nusantara bahkan sunia.

Anda juga bisa meningkatkan pemasaran di sosial media dengan berbayar supaya tepat target market. Strategi pemasaran dengan sosial media semakin  membludak peminatnya sehingga anda harus pintar-pintar dalam mengelolanya. Dengan memiliki berbiji-biji sosial media akan meningkatkan awarenes terhadap prosuk perusahaan anda.

2. Produk gratis untuk pemasaran

Strategi kedua dalam pemasaran produk dan jasa perusahaan anda yaitu menawarkan produk dan jasa gratis. Strategi ini terkenal di pulau dewata bali yaitu snack krisna yang menawarkan sample snack secara cuma-cuma terhadap calon pembeli.

Dari bermodal marketing dengan menawarkan snack gratis laba yang diterima perusahaan krisna sangat besar, dengan menawarkan gratis sample membuat calon pembeli  malu dikarenakan sudah makan sample snack gratis sehingga konversi pembelian meningkat drastis.

Dalam pemasaran produk dengan menawarkan jasa juga bisa misal internet 1 jam gratis apabila bermain internet selama 2 jam sehingga menambah daya tarik usah internet. Banyak sekai perusahaan yang menawarkan strategi marketing cemerlang ini, silahkan dicoba,

3. Strategi memilih lokasi

Salah satu strategi marketing jaman dahulu tetapi masih berfaedah sampai sekarang. Kita ambil contoh perusahaan alfamart dan indomart yang selalu menyurvei tempat mana yang klik untuk mendirikannya.

Dengan posisi yang strategis maka tak ayal indomaret dan alfamart berjaya di indonesia. Pilih lokasi yang baik, cara gampangnya selalu pilih tempat berjualan dekat dengan toko besar dikarenakan mereka sudah disurvei sedemikian rupa untuk menggaet pelanggan.

4. Strategi refferal

Strategi marketing ini masih manjur digunakan pada zaman sekarang. Strategi ini dilakukan dengan digdaya oleh seorang salesman mobil yaitu joe girard. Joe girard mendapatkan penghargaan sebagai penjual mobil tersukses di jagad bumi dengan berhasil menjual mobil cevroletnya sampai 13 ribu mobil.

Strategi marketingnya yaitu dengan strategi referal apabila ada orang yang merekomendasikan dagangan mobilnya maka akan diberi insentif yang besar. Anda juga bisa memberikan insentif untuk referal anda untuk strategi marketing.

5. Memberikan lebih kepada pelanggan

Strategi marketing terakhir yaitu memberi lebih kepada pelanggan. Pelanggan harus anda prioritaskan karena mereka membeli produk anda berkali-kali. Berikan suatu pelayanan yang lebih sehingga mereka menjadi loyal kepada anda.

Berikan lebih dari yang mereka harapkan seperti berikan hadiah, berikan diskon, berikan pelayanan terbaik dan lain sebagainya sehingga dari pelanggan biasa menjadi pelanggan seumur hidup.

Sebarkan manfaatnya :