5 Peluang Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Makanan ringan memang bukan makanan pokok namun sering dicari konsumen untuk sekedar camilan di waktu santai atau sebagai buah tangan. Sehingga cocok dijadikan sebagai peluang usaha bagi Anda yang mau membuka bisnis makanan. Anda bisa mencoba membuka bisnis ini. Meski berharga murah dan hanya membutuhkan tapi untungnya sangat bisa dinikmati, berikut merupakan referensi dalam,

5 Peluang Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

 Baso Goreng / Basreng

Bakso goreng atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Namun jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal. Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak goreng.Setelah basreng jadi tentunya untuk menambah kelezatan ditambahkan bumbu lagi. Biasanya basreng rasanya sangat pedas seperti seblak namun jika Anda ingin berinovasi bisa dengan menggunakan bumbu bubuk lainnya seperti keju, barbeque, balado  dan manis.

  1. Roti Bakar

Bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat Anda jalankan dengan modal kecil dan dapat dilakukan diberbagai tempat, mulai dari membuat kedai sendiri, berjualan di taman, dekat sekolah, ataupun dipinggir jalan. Untuk menarik daya tarik pelanggan dan calon pelanggan, Anda dapat membuat inovasi pada produk roti bakar, misalnya dengan menambahkan topping baru atau dengan memberikan kebebasan pada pelanggan untuk memesan roti bakar dengan topping sesuai selera mereka.

  1. Minuman Buah – buahan

Banyak masyarakat Indonesia menyukai jenis muniman dingin, terutama ketika cuaca sedang panas. Minuman dingin memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak kecil hingga dewasa, maupun laki-laki dan perempuan. Bisnis ini juga merupakan salah satu bisnis dengan prospek dan keuntungan yang cukup besar. Jika tertarik menjalankan bisnis ini, pilihlah lokasi bisnis yang sesuai seperti dekat sekolah atau kampus, atau di tempat yang panas. Anda juga dapat menjual berbagai minuman dingin mulai dari ice cream, jus buah, bubble drink, thai tea, es susu, puding, dan lain sebagainya.

  1. Gurilem

Seperti snack pada umumnya gurilem berasa pedas. Hanya saja kerupuk yang satu ini berbentuk batang dan berwarna lebih putih dibandingkan dengan cemilan lain. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung tapioka dengan garam dengan perbandingan 2,5 berbanding 1. Garam yang digunakan bukanlah garam halus melainkan garam kristal sehingga rasa gurihnya lebih meresap.

Setelah adonan tercampur maka dimasukkan air sedikit demi sedikit dan dicetak dengan alat press. Ketika dicetak maka akan keluar dengan bentuk memanjang seperti mie kemudian dipotong kecil-kecil menyerupai batang. Kemudian gurilem dijemur hingga kering dan digoreng dengan menggunakan pasir. Setelah matang baru diberi bumbu.

  1. Keripik

Meski terlihat jadul, ternyata bisnis ini bisa dikemas menjadi bisnis modern. Apalagi, hingga saat ini masih banyak peminat keripik, namun tidak banyak yang menjual makanan ini. Keripik biasanya dicari banyak konsumen untuk menemani kegiatan mereka seperti nonton bola, belajar, kumpul bersama teman, dan sebagainya. Untuk menarik konsumen, Anda dapat menjual berbagai jenis keripik seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan jangan lupa berikan variasi rasa di setiap keripik yang akan Anda jual.

Itulah lima peluang bisnis makanan ringan yang dapat Anda manfaatkan. Dengan memulai bisnis kuliner, berarti Anda juga harus siap untuk terus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis. Strategi bisnis juga sangat dibutuhkan dalam membuat inovasi. Untuk itu, Anda harus membuat strategi yang tepat dengan melihat laporan keuangan bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :