5 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Aplikasi Invoice dan Penyedia E-Faktur Yang Tepat

aplikasi invoice

Saat ini pasar e-faktur membanjiri pemilik usaha konvensional dengan makin maraknya penyedia e-faktur yang menawarkan aplikasi invoice. Kini, dengan makin banyaknya pilihan untuk memilih dari berbagai penyedia layanan faktur online ini, pemilik usaha harus paham mengevaluasi kriteria aplikasi invoice seperti apa yang mereka butuhkan.

Jika Anda setuju dengan semua poin berikut, maka sudah saatnya bagi bisnis Anda untuk mengganti perangkat lunak faktur yang Anda miliki saat ini dengan aplikasi invoice dari platform generator yang kuat, sederhana dalam pengoperasian namun punya beragam pilihan fitur. 

Baca Juga: 5 Strategi Mendatangkan Customer ke Bisnis Kuliner Anda

1. Cek Rating atau Reputasi Penyedia Aplikasi Invoice

Aplikasi invoice

Gambar 1. Contoh Reputasi Salah Satu Aplikasi Invoice (Sumber: Bee.id)

Anda harus terlebih dahulu memeriksa reoutasi penyedia aplikasi invoice. Di era digital saat ini, relatif mudah untuk cek reputasi sebuah penyedia aplikasi bsinsi. Cek juga bagaimana mereka hadir & mempromosikan diri mereka sendiri di bidang e-faktur, perhatikan juga bagaimana provider mampu mengintegrasikan pengetahuan kepatuhan bisnis terkait sistem TI mereka dan keterlibatan mereka dalam pasar (portofolio pengalaman) selama ini.

2. Cek Seberapa Jauh Jaringan Global Provider Aplikasi Invoice Tersebut

Ukuran jaringan platform penyedia aplikasi invoice juga penting untuk dipertimbangkan. Hal ini kaitannya dengan hubungan jangka panjang mereka dengan klien. Untuk skala bisnis jangka panjang yang makin besar, apa jadinya jika ada kendala sistem (bug system) atau kebutuhan fitur lain yang belum tersedia dan ternyata provider aplikasi invoice Anda sudah tidak eksis lagi di bisnis ini? Pindah aplikasi tentu sebuah pilihan yang tidak menarik dengan segala kompleksitas masalah terkait proses migrasi tersebut. Jadi, jaringan global provider aplikasi invoice itu penting.

3. Fitur dari Aplikasi Invoice dan Fungsionalitas

Karena Anda akan berinvestasi dalam solusi faktur baru, penting untuk memeriksa bahwa produk baru tersebut tidak hanya memberikan manfaat lebih dari perangkat lunak faktur yang ada saat ini tetapi juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis Anda yang berkembang di masa depannya. Periksa apakah solusi aplikasi invoice (faktur) tersebut mendukung berbagai platform dan dapat berbaur dengan mudah dengan alur proses bisnis Anda? Intinya adalah bahwa layanan aplikasi invoice yang baru tersebut harus dapat memberi Anda fitur-fitur canggih yang akan menambah nilai bagi bisnis Anda.

4. Tingkat Keamanan

Solusi e-faktur melalui aplikasi invoice yang baru tersebut harus mematuhi ketentuan tentang tingkat keamanan transfer data untuk memastikan bahwa data dokumen yang dikirimkan tersebut masuk dalam lingkungan yang paling aman dan terlindungi.

5. Dukungan & Pemeliharaan (Update System) dari Penyedia Aplikasi Invoice

Ini adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat Anda akan mengambil aplikasi invoice ke dalam bisnis Anda. Penyedia aplikasi invoice online tersebut harus mampu menyediakan pemeliharaan dan dukungan terhadap sistem yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk memiliki dukungan tim khusus dengan pemahaman yang tepat tentang produk tersebut sehingga dapat membantu Anda dalam pengaturan atau terhadap setiap pembaruan atau masalah yang muncul kedepannya.

Satu hal penting lainnya dalam persiapan migrasi ke sistem aplikasi invoice online adalah Anda perlu berimajinasi dan mempertimbangkan tentang “Layanan Internasional”. Tidak menutup kemungkinan bisnis Anda kedepan bisa tersambung dengan komunitas luar negeri, apalagi di era digital seperti saat ini. Karena jika bisnis Anda nanti telah mengglobal dan melayani klien dan pelanggan dari seluruh dunia, menjadi penting bagi Anda untuk menyediakan sistem yang berkelas internasional juga. Transaksi internasional berbeda dengan yang domestik, Anda perlu memeriksa fitur dan fungsi yang mendukung operasi keuangan dan manajerial bisnis internasional tersebut.

Jika Anda menginginkan Aplikasi Invoice dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Online Bee.id!

Sebarkan manfaatnya :