5 Strategi Mendatangkan Customer ke Bisnis Kuliner Anda

Apakah Anda sedang berencana meningkatkan customer ke bisnis kuliner Anda? Bisnis kuliner, yang baru dijalankan maupun yang sudah lama berdiri, tentunya selalu memerlukan berbagai strategi untuk mendapatkan banyak customer. Tanpa peningkatan jumlah customer, bisnis kuliner lama kelamaan akan merugi. Sayangnya, banyak cara meningkatkan jumlah customer terlalu mahal atau merepotkan.

Usaha mendatangkan customer yang sudah banyak diterapkan pun belum pasti sukses. Untungnya, saat ini semakin banyak strategi mendatangkan customer ke bisnis kuliner Anda, terutama karena adanya peran teknologi. Simak beberapa strategi mendatangkan customer di bawah ini untuk mengembangkan bisnis kuliner yang Anda kelola.

1. Lakukan kolaborasi dengan bisnis lain.

Salah satu cara yang sering dilakukan untuk menarik customer ke sebuah bisnis kuliner adalah menawarkan diskon atau promosi lain seperti beli satu gratis satu. Meskipun strategi ini hampir pasti menambah jumlah customer, tentunya pendapatan Anda juga akan berkurang karena ada potongan harga yang lumayan besar.

Sebagai alternatif, cobalah melakukan kerjasama dengan bisnis lain untuk menarik customer. Contohnya jika Anda membuka bisnis restoran pizza, promosikan makanan Anda di tempat banyak anak muda berkumpul.

2. Sediakan Wi-Fi gratis.

2. Sediakan Wi-Fi gratis.

Jangan pernah menyepelekan kekuatan internet pada zaman sekarang ini. Selain memanfaatkan internet dan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda, sangat disarankan untuk menyediakan internet untuk pelanggan. khususnya di kota besar, Wi-Fi merupakan hal yang hampir wajib disediakan oleh bisnis kuliner jika ingin menarik banyak customer.

Dengan adanya fasilitas ini, customer bisa memeriksa surel, media sosial, bahkan mengerjakan tugas sambil menunggu pesanan datang atau menikmati makanan mereka. Jika khawatir pelanggan akan memanfaatkan Wi-Fi gratis tanpa memesan makanan, hanya berikan password setelah mereka memesan. Ganti juga password secara berkala. 

Baca Juga: Tips Gampang Menjalankan Bisnis Online untuk Pemula

3. Kontak para reviewer kuliner di sekitar Anda.

Tak seperti pada zaman dulu di mana para penikmat wisata kuliner hanya bisa menyebarkan berita dari mulut ke mulut, saat ini media sosial menjadi tempat mereka untuk membagikan pengalaman kuliner kepada audiens yang lebih luas.

Di media sosial apa pun mereka melakukan review makanan – Facebook atau Instagram, hampir dipastikan ratusan bahkan ribuan orang akan tertarik dengannya. Inilah kesempatan Anda untuk memanfaatkan pengaruh mereka di media sosial untuk mendatangkan customer ke bisnis kuliner Anda. Undang mereka ke bisnis kuliner Anda dan tawarkan menu gratis, dengan catatan mereka akan melakukan review dalam media sosial. Dengan cara ini, pastinya bisnis kuliner Anda akan lebih terekspos dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

4. Sediakan menu untuk dipesan secara online.

Saat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk menikmati makanan mereka di rumah sendiri setelah memesannya lewat aplikasi online. Mungkin pada awalnya Anda berpikir bahwa segmen ini tidak mendatangkan banyak keuntungan, namun faktanya ini adalah kesempatan Anda untuk meraup keuntungan.

Dengan bertambahnya kesibukan orang di zaman ini, kemudahan untuk memesan makanan lewat aplikasi seperti ojek online sangat dibutuhkan. Selain bisa menikmati makanan dari bisnis kuliner Anda setiap saat, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menikmati menu di lokasi.

5. Berikan kupon diskon atau penawaran menarik lainnya.

Salah satu cara termudah untuk mendatangkan customer ke bisnis kuliner yang baru dibuka tentu saja adalah membagikan makanan gratis. Namun, cara ini memakan banyak biaya. Untuk mengatasinya, berikanlah kupon diskon sehingga Anda bisa mengatur berapa banyak anggaran yang disediakan untuk hal ini. Jika puas dengan menu yang dinikmati, konsumen tak akan ragu membeli dalam jumlah lebih banyak dari yang tertera pada kupon diskon.

Dengan tips-tips di atas, dengan begitu Anda akan lebih mudah mendatangkan customer ke bisnis Anda. Jangan lupa, jika Anda kesulitan kontrol keuangan bisnis kuliner Anda, silahkan Anda mencoba software akuntansi online Beecloud 🙂

Sebarkan manfaatnya :