5 Tips Memilih Software Akuntansi yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, para pelaku usaha pun junlahnya semakin meningkat. Tak hanya pelaku usaha dalam skala besar saja yang mulai memainkan bisnis. para pelaku usaha UMKM pun bermunculan. Sayangnya tak semua pelaku usaha bisnis UMKM memiliki latar belakang pendidikan akuntansi yang bagus dan mumpuni. Ini yang menyebabkan mereka kesulitan dalam menyusun laporan keuaxzngan.

Padahal meskipun usaha yang dijalankan belum terlalu besar sekalipun, laporan keuangan bisnis tetap harus dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan atau belum. Laporan keuangan juga perlu dibuat sebagai bahan evaluasi untuk kemajuan dan keberlangsungan dari usaha itu sendiri.

Jika Anda adalah pelaku usaha yang kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda tak perlu khawatir.  Saat ini sudah banyak software akuntansi yang bisa dipakai untuk membantu Anda dalam menysuun laporan keuangan. Karena ada banyak pilihan software akuntansi yang ada di pasaran, Anda pelru melakukan pemilahan dengan bijak. Pastikan software yang Anda pilih tepat dan sesuai kebutuhan

Berikut ini adalah 5 tips yang bia Anda coba dalam memilih software akuntansi yang tepat untuk kemudahan bisnis Anda.

1. Pilih software yang mudah digunakan dan diaplikasikan

Usahakan untuk memilih design interface software akuntansi yang mudah digunakan dan diaplikasikan. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menginput data keuangan usaha tanpa harus membuang-buang waktu mempelajari software yang rumit. Software yang mudah, ringan, dan bisa diaplikasikan dalam segala kondisi akan meringankan tugas Anda.

2. Pastikan keamanan terjaga

Software akuntansi akan membantu Anda menginput data secara online. Karena sistemnya online, maka bukan tak mungkin jika orang lain bisa melihat data keuangan yang Anda masukkan. Untuk itulah pastikan Anda memilih software akuntansi yang keamanannya terjaga dan sistemnya aman. Anda tentu tidak mau kan jika data keuangan bocor dan dilihat oleh pihak yang tidak diinginkan?

3. Pilih fitur terbaik yang sesuai dengan keinginan

Pada dasarnya semua fitur yang ditawarkan oleh software akuntansi itu sama, namun ada beberapa software yang fiturnya lebih lengkap dan mudah. Maka pilihlah fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda serta pastikan pengoperasiannya mudah agar proses penyusunan laporan keuangan bisnis menjadi lebih lancar.

4. Pilih software dengan harga yang terjangkau

Sesuaikan software akuntasni yang Anda pilih dengan tebalnya kantong Anda. Tak perlu membeli software yang terlalu mahal jika memang tak dibutuhkan. Pastikan anggaran perusahaan cukup untuk membeli software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan saja, tak perlu tergiur fitur beragam yang sebenarnya tak terlalu penting bagi usaha Anda.

5. Pastikan terdapat layanan after sales

Sebisa mungkin usahakan untuk memilih software akuntansi yang memiliki layanan after sales. Tentu hal ini akan memudahkan Anda jika teradi kesalahan setelah input data atau mendadak software yang Anda beli rusak di tengah jalan. Dengan layanan ini, paling tidak Anda berada di posisi aman, karena jika terjadi sesuatu Anda bisa menghubungi pihak software untuk mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan.

Itu dia 5 tips yang perlu Anda lakukan dalam memilih software akuntansi. Apapun pilihan software-nya, yang terpenting adalah memastikan bahwa software yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Jangan sampai uang dan waktu Anda terbuang untuk menjajal software yang tak perlu untuk jalannya usaha Anda. Selamat memilih!

Sebarkan manfaatnya :