6 Alasan Mengapa Harus Memulai Sebuah Bisnis Online

Walau sudah semakin umum, masih ada banyak pebisnis yang masih ragu untuk bergerak di platform online. Mungkin juga Anda termasuk salah satunya. Meskipun proses mendirikan bisnis online memiliki beberapa kemiripan dengan bisnis yang berbentuk tradisional, pasti ada beberapa kekhawatiran yang muncul karena kurangnya pengalaman.

Jika Anda masih takut untuk mencoba, sebenarnya tidak ada salahnya menjelajahi dunia bisnis online karena cepat atau lambat, bisnis yang menggabungkan sistem offline dan online akan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Temukan berbagai alasan mengapa Anda sebaiknya mencoba mengintegrasikan sebuah sistem online ke dalam bisnis yang sudah ada.

Alasan untuk Memulai Bisnis Online

1. Memperbaiki Image Perusahaan

Poin pertama ini saja sebenarnya sudah cukup menjadi alasan kuat untuk memulai bisnis online. Ini merupakan faktor yang penting karena dewasa ini, tanpa adanya wujud online dari bisnis Anda (website, media sosial, dll), konsumen akan mulai meragukan seberapa serius Anda dalam menjalankan bisnis ini. Bisa dilihat dari banyaknya perusahaan dari berbagai bentuk dan industri telah sukses menjalankan bisnis secara online.

Jika bisnis Anda tidak hadir secara online, maka jangan mengharapkan para klien untuk sepenuhnya loyal pada produk atau layanan Anda. Kemungkinan juga Anda bisa kalah dari pesaing yang hadir di dunia maya.

2. Tersedia setiap saat

Walaupun banyak restoran cepat saji, supermarket, dan pom bensin yang menyediakan layanan 24 jam, hal ini agaknya kurang mungkin dilakukan oleh bisnis lain tanpa adanya internet. Maka dari itu, kehadiran website atau media sosial memungkinkan konsumen untuk melihat produk atau jasa yang Anda sediakan setiap saat tanpa jeda.

Bahkan jika bisnis Anda masih berbentuk tradisional atau offline, Anda bisa melayani pemesanan secara online dan memproses pesanan tersebut keesokan harinya. Hal ini jelas lebih menguntungkan karena konsumen merasa mendapatkan pelayanan tepat di saat mereka membutuhkannya. 

Baca Juga: Apa Itu Sales Funnel? Pengertian dan Tujuan

 

3. Layanan konsumen yang lebih baik.

Penggunaan internet dalam bisnis bisa membantu dalam menjawab pertanyaan klien, menyediakan seminar online, serta menjawab pertanyaan klien secepat mungkin. Anda bisa menyediakan sebuah video, halaman spesifikasi produk, atau halaman dengan pertanyaan yang sering diajukan. Cukup membuatnya satu kali, dan konsumen bisa melihatnya kapan saja.

Konsumen selalu membutuhkan informasi semacam ini, khususnya sebelum memutuskan untuk membeli dan membandingkan suatu produk atau layanan dengan yang lainnya. Selain itu, pemasaran melalui email juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjalin hubungan baik dengan klien dan meningkatkan penjualan.

4. Tidak dibutuhkan biaya yang besar untuk memulai.

Memulai bisnis yang dijalankan online bisa berarti meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan, dibandingkan dengan bisnis yang sepenuhnya dijalankan secara offline. Tidak ada keharusan membangun gedung yang besar, kendaraan untuk bisnis, serta membayar gaji karyawan. Anda bisa langsung membuat website dengan konten yang dibutuhkan dan langsung memulai penjualan. Yang jelas, memulai bisnis online akan menarik lebih banyak pelanggan dari berbagai sumber.

5. Bisa tinggal dan bekerja di mana saja

Jika Anda sering berhadapan dengan masalah cuaca atau hal lain yang menghindarkan Anda dari keleluasaan bekerja, memulai bisnis online akan sangat memudahkan. Selama ada koneksi internet yang memadai, Anda bisa tinggal di mana saja dan tetap menjalankan bisnis dengan lancar. Bahkan, Anda bisa bepergian sambal tetap menjalankan bisnis.

6. Bisa mencapai pasar global.

Dengan bisnis yang dijalankan secara tradisional atau sepenuhnya offline, tentu ada batas ruang dan waktu untuk pelanggan yang ingin menggunakan produk atau layanan Anda. Namun lain halnya jika bisnis dijalankan secara online – produk maupun layanan bisa terekspos ke banyak orang secara bersamaan, di mana pun mereka berada. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan lebih.

Sebarkan manfaatnya :