6 Cara Ini Dijamin Bisa Membangun Customer Loyalty

Tak peduli sebesar apa bisnis yang Anda jalankan, customer loyalty sangat penting dan berpengaruh. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena konsumen yang sudah percaya dengan bisnis Anda biasanya tak akan ragu mengeluarkan lebih banyak uang untuk produk atau layanan Anda. Jika Anda masih memikirkan cara ampuh untuk membangun customer loyalty, 6 cara ini dijamin bisa membangun customer loyalty. Simak dan terapkan dalam bisnis Anda untuk membangun kepercayaan konsumen dalam jangka panjang.

1. Sediakan berbagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Banyaknya komunikasi dengan konsumen akan membuat mereka semakin familiar dengan bisnis Anda, serta memberi Anda peluang untuk memberikan informasi baru. Sebagai permulaan, buatlah sebuah database yang berisi informasi kontak konsumen seperti alamat surel dan nomor telepon. Data ini bisa Anda gunakan untuk mengirimkan berita baru, promosi atau penawaran, bahkan ucapan selamat ulang tahun.

Media sosial juga merupakan cara efektif untuk berkomunikasi dengan konsumen. Jangan lupa untuk menyisipkan berbagai informasi menarik atau berita penting sehingga konsumen tidak kehilangan minat.

2. Berikan keuntungan untuk konsumen setia.

2. Berikan keuntungan untuk konsumen setia.

Salah satu cara terbaik (atau termurah) untuk membangun dan mempertahankan customer loyalty adalah memberikan keuntungan lebih bagi para konsumen yang setia. Contohnya adalah bisa mendapatkan produk tanpa harus antre, diskon khusus, atau bonus setiap pembelian. Di mana pun konsumen berada, mereka pasti menyukai adanya “hadiah”. Dengan cara ini, Anda tak hanya memberi mereka suatu alasan untuk bertahan, tapi juga menarik konsumen lain untuk mendapatkan keuntungan ini.

3. Berikan pilihan metode pembayaran.

Jika Anda perhatikan, banyak sekali bisnis yang berjalan secara “musiman” dan menghadapi masalah keuangan pada periode waktu tertentu. Contohnya, bisnis yang berfokus pada penjualan souvenir pernikahan mungkin meraup banyak keuntungan pada periode tertentu, namun saat periode itu berakhir, hampir tidak ada pendapatan yang masuk.

Dalam kasus tersebut, cara cerdas yang bisa diterapkan adalah dengan memberikan konsumen pilihan untuk membayar secara cicilan daripada sekaligus. dengan demikian, pihak pebisnis dan konsumen sama-sama merasa diuntungkan.

4. Berikan layanan konsumen yang terbaik.

Meskipun hal ini terlihat seperti sesuatu yang wajib, Anda harus selalu mengingat langkah ini karena hal ini tidak boleh disepelekan. Faktanya, banyak sekali konsumen yang “memutuskan hubungan” dengan suatu bisnis karena buruknya pelayanan yang mereka terima.

Konsumen akan selalu ingat jika mereka diperlakukan dengan baik atau buruk. Seperti apa pun pelayanan yang Anda berikan, hal itu pasti akan menyebar dari mulut ke mulut. Karena itulah, sangat penting untuk memberikan layanan terbaik pada konsumen sehingga bisnis Anda memiliki image yang baik di mata konsumen. 

Baca Juga: 14 Tips Mendapatkan Loyalitas Customer

5. Jangan terlalu tergantung pada teknologi.

Meskipun keadaan masyarakat saat ini dipenuhi dengan pesan singkat dan surel, interaksi secara langsung dengan orang lain tetap penting. Pasti Anda pernah merasakan frustrasi saat komplain Anda dijawab oleh mesin otomatis, di saat Anda membutuhkan tanggapan dari customer service. Walaupun teknologi bisa menghemat waktu dan biaya, keberadaan customer service tetap penting untuk membuat konsumen merasa dihargai dan membangun customer loyalty.

6. Berikan “bonus” di awal.

Contoh nyata dari penerapan hal ini adalah membuat program customer loyalty seperti yang digunakan oleh banyak coffee shop. Misalkan ada program bonus untuk konsumen setelah membeli 10 gelas minuman, berikan dua “stempel” di awal sebagai bentuk penghargaan untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen akan merasa terpacu untuk menyelesaikan program loyalty dan pastinya mendatangkan semakin banyak keuntungan untuk bisnis Anda.

 

Sebarkan manfaatnya :