6 Cara Terbaik Untuk Sukses Bisnis Retail (Minimarket)

6-cara-terbaik-untuk-sukses-di-bisnis-retail-minimarket-photo

Pengertian bisnis retail merupakan bisnis yang menggunakan skema dimana pelaku bisnis menyalurkan barang dan jasa dari produsen maupun distributor kepada pembeli sebagai konsumen akhir. Dalam hal ini, pelaku usaha bisnis retaill meliputi warung kelontong, toko grosiran, warung asongan, minimarket, dan juga supermarket.

Dalam artikel ini, akan dibahas  mengenai bisnis ritel dalam skala minimarket, atau lebih tepatnya kiat sukses menjalani bisnis minimarket. Tentu tak mudah menjalani bisnis ini, terutama bagi Abda yang masih baru merintis atau bahkan masih gamang memikirkan apakah usaha ritel Anda akan berhasil.

6 Cara Sukses Bisnis Retail

Berikut ini 6 langkah terbaik untuk sukses di bisnis retail atau minimarket. Semoga bermamfaat ya!

1. Teliti Dan Cermat Dalam Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi merupakan 2 poin penting yang sangat menentukan sukses atau tidaknya Anda dalam bisnis minimarket. Lokasi yang strategis sangat memudahkan Anda untuk mencapai target pasar, selain itu kemungkinan konsumen untuk datang ke minimarket Anda juga semakin besar ketika Anda memilih tempat yang tepat.

2. Memperhitungkan Laba Yang Ingin Diraih Dengan Tepat

Di awal Anda pun juga harus memiliki penghitungan yang realistis mengenai laba yang hendak Anda raih. Pastikan Anda memiliki gambaran yang utuh mengenai berapa laba atau keuntungan yang akan Anda dapatkan melalui bisnis ini. Untuk awal, perolehan laba kecil namun konsisten jauh lebih baik ketimbang menjaring laba besar namun perputara uangnya melambat.

3. Branding Yang Baik Serta Co Branding Dengan Berbagai Pihak

Branding juga merupakan salah satu usaha untuk membuat bisnis minimarket Anda berjalan baik. Tentunya branding yang baik dan menarik akan membuat konsumen memiliki minat untuk berbelanja di minimarket Anda. Usahakan agar masyarakat mengenal terlebih dahulu usaha retaill Anda, baru kemudian Anda bisa melakukan langkah-langkah yang lain.

Setelah branding Anda baik, selanjutnya Anda pun bisa melakukan co branding dengan berbagai pihak. Co branding disini adalah usaha untuk memperkenalkan usaha minimarket Anda ke berbagai pihak yang berpotensi bisa menjalin kerjsama. Misalnya, Anda mengusahakan di minimarket Anda ada fasilitas lain seperti pembayaran listrik, pembayaran pulsa, belanja online, pembelian tiket pesawat, dan lain sebaginya.

4. Kreatif Dalam Melakukan Promosi

Dalam melakukan promosi ke berbagai pihak, Anda wajib memiliki kreatifitas tinggi. Mulailah dengan memberikan diskon di waktu-waktu tertentu dan program undian berhadiah, misalnya. Program diskon sampai saat ini merupakan salah satu penarik konsumen terbesar sepanjang sejarah bisnis minimarket

Bahkan minimarket yang berani memberikan penawaran midnight sale sangat berpotensi bisa mendongkrak kepercayaan dan minat konsumen untuk berbelanja di supermarket tersebut. Intinya, usahakan melakukan promosi yang kreatif agar pelanggan memiliki minat tinggi berbalanja di ritel Anda.

5. Memanfaatkan Dan Memaksimalkan Teknologi 

Hidup di era teknologi memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis retail. Mulai saat ini hingga ke depan, bisnis retail akan terus membuthkan teknologi untuk semakin pesat dan maju. Konsumen pun menuntut pelayanan dengan cepat dan tepat, saat itulah teknologi dibutuhkan.

Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk keperluan pelayanan, inventory atau pesediaan barang/stok, serta mempertahankan pelanggan dengan pelayanan yang cepat, Untuk itu manfaatkanlah teknologi untuk mendongkrak bisnis minimarket Anda.

6. Pastikan Manajemen Usaha Tertata Dengan Baik

Teknologi yang dimanfaatkan secara maksimal tak akan efektif jika manajemen usaha Anda buruk. Maka pastikan manajemen dan sistem usaha yang Anda jalankan baik sehingga Anda bisa memaksimalkan usaha. Selain itu Anda juga harus bisa memastikan bahwa rantai pendistribusian barang atau stok dari produsen hingga sampai ke konsumen berjalan dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa berbagi ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree 

Sebarkan manfaatnya :