7 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan dalam Restoran

Dari sudut pandang konsumen, pengalaman makan di sebuah restoran bukan hanya tentang makanan yang disajikan. Saat makan di sebuah restoran, konsumen juga mengharapkan pengalaman yang menyenangkan. Jika konsumen mendapatkan pelayanan yang baik, akan lebih besar kemungkinan mereka memesan lebih banyak dan mendatangkan keuntungan lebih bagi restoran. Maka dari itu, semua orang yang memiliki peran dalam restoran bertanggung jawab menciptakan pengalaman menyenangkan ini. Simak beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkan layanan dalam restoran.

1. Hargai karyawan Anda.

1. Hargai karyawan Anda.

Menghargai keberadaan karyawan dan kinerja mereka akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan restoran Anda. Saat karyawan merasa bahagia, kebahagiaan ini akan tersalurkan kepada konsumen. Bahkan, hal ini akan terjadi tanpa disadari karena mereka merasa senang dengan apa yang mereka kerjakan. Untuk mencapai hal ini, latih semua karyawan sehingga mereka mengerti apa yang menjadi tanggung jawab mereka dan bisa melakukannya dengan sepenuh hati.

Berikan pujian setiap kali ada pencapaian. Saat ingin memberikan kritik, lakukan dengan cara yang membangun, bukan merendahkan. Saat semua orang merasa senang dalam pekerjaan, suasana akan terasa menyenangkan dan mendukung produktivitas semua orang.

2. Latih Teknik melayani konsumen yang baik.

Selain memberi pelatihan tentang cara pengelolaan makanan dan tempat yang baik, hal lain yang penting untuk dilakukan adalah memastikan bahwa pelayanan konsumen terbaik bisa diberikan oleh para karyawan Anda. Beberapa gestur yang kadang terlupakan adalah menjaga kontak mata dengan konsumen, melayani dengan senyuman, mengisi gelas air sebelum kosong, serta menyediakan lap tangan.

Alokasi waktu yang baik juga merupakan aspek penting dari layanan konsumen yang baik. Sajikan minuman dan hidangan pembuka sesegera mungkin, kurangi waktu menunggu antar hidangan, dan jangan membersihkan peralatan makan sebelum konsumen selesai menikmati hidangan mereka.

3. Tentukan batas antara karyawan dan konsumen.

Tekankan pada setiap karyawan bahwa cara mereka bertindak mencerminkan restoran secara keseluruhan. Beri aturan yang jelas tentang cara berpakaian, rambut, dan riasan. Selalu ingatkan karyawan bahwa tidak diperbolehkan untuk memperlakukan konsumen tanpa mengingat tata krama, bahkan di restoran dengan suasana santai.

4. Tentukan cara efektif untuk mengatasi masalah.

Meskipun Anda pasti berharap tidak ada masalah yang terjadi, semua karyawan perlu mengetahui cara untuk mengatasinya jika terjadi. Misalnya jika steak pesanan konsumen belum cukup matang, ambil dan masak lagi sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Jika ada menu yang tertunda atau terlupakan, tawarkan menu gratis atau menu lain untuk mengurangi kekecewaan konsumen.

5. Berinteraksilah dengan konsumen.

Perhatikan bagaimana cara karyawan berinteraksi dengan konsumen. Setelah melakukan pengamatan, berikan penilaian secara tatap muka kepada karyawan sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbaiki atau diubah. Dengan demikian, layanan yang diberikan dalam restoran Anda akan semakin baik dan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Pastikan semua pelayan mengerti tentang menu yang disajikan sehingga bisa memberikan rekomendasi menu kepada konsumen yang datang. 

Baca Juga: Berbagai Karir Online Minim Modal

6. Minta penilaian dari konsumen.

Jangan lupa meminta penilaian secara langsung dari konsumen selaku pemilik restoran. Misalnya jika ada konsumen yang sebentar lagi akan meninggalkan restoran setelah menyelesaikan makanan mereka, mampirlah sebentar ke meja mereka untuk mendapatkan penilaian. Tanyakan pertanyaan yang spesifik tentang pelayanan yang mereka terima, tingkat kepuasan dengan menu yang disajikan, serta hal apa yang akan mereka rekomendasikan kepada teman dan kerabat.

7. Manfaatkan penilaian dari konsumen untuk memperbaiki layanan.

Dari hasil pengamatan atau penilaian konsumen, terapkan hal-hal tersebut untuk memperbaiki layanan dalam restoran Anda. Semakin hari, akan semakin banyak perbaikan yang ada dalam restoran sehingga konsumen akan semakin puas dan setia.

Supaya lebih mudah menjalankan bisnis restoran Anda, gunakan software akuntansi Beecloud 🙂

 

Sebarkan manfaatnya :