7 Tips Sukses Usaha Cafe

Peluang usaha cafe di zaman sekarang ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, dibalik keuntungan tersebut, tidak jarang banyak pengusaha yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan usaha tersebut. Dan pada akhirnya, usaha yang dirintis tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu Untuk meminimalisir resiko, sebaiknya bangun bisnis cafe kecil-kecilan dulu. Bila sudah terlihat hasilnya baru di perbesar

Namun terkendala dengan bisnis yang tidak berkembang, anda tidak perlu ragu atau menyerah, anda dapat mengembangkan cafe yang sederhana sebagai pemula, nantinya jika sudah berkembang anda dapat membuat cabang yang lebih besar. Namun Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa sukses dan bertahan dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk bisnis cafe. Nah, berikut diantaranya :

Tips Sukses Usaha Cafe

  1. Lokasi strategis dan tepat

Untuk usaha cafe, sebaiknya lokasi yang dipilih berdekatan dengan tempat keramaian, misalnya lokasi perkantoran atau jika sasaran konsumen Anda adalah mahasiswa, sebaiknya lokasinya berdekatan dengan kampus, dekat alun-alun dan lainnya. Lebih bagus lagi jika lokasi tersebut, dekat dengan tempat nongkrong anak muda di malam hari.

  1. Menu bervariasi

Menu makanan dan minuman yang disediakan sebaiknya murah meriah sehingga masih terjangkau dengan kantong mahasiswa. Tapi tetap harus diperhatikan kebersihan, penampilan makanan dan minuman yang disajikan, serta cita rasanya. Pilihlah menu makanan yang unik dan berbeda dengan cafe lainnya, untuk meminimalisir persaingan, tetapi tentunya menu tersebut harus banyak penggemarnya. 

  1. Fasilitas yang baik

Zaman sekarang, banyak orang ke cafe tidak hanya sekedar untuk makan dan minum saja tapi untuk bersantai, foto-foto bahkan untuk mengerjakan tugas sekolah dan kampus (bagi pelajar dan mahasiswa). Sehingga harus kreatif dalam mendesain dan membuat cafe Anda sebagai tempat yang nyaman untuk nongkrong.

  1. Promosi

Promosi atau iklan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Namun jangan sampai membuat biaya operasional membengkak gara-gara promosi yang gencar. Kalau bisnis cafe tersebut masih skala kecil, sebaiknya carilah strategi promosi yang murah meriah namun tetap efektif. Salah satu cara yang kami rekomendasikan adalah dengan mempromosikan melalui jaringan internet.

Memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengenalan produk, bisa melalui media sosial. Bisa juga membuat website khusus untuk cafe Anda sehingga terlihat lebih profesional. Untuk menarik banyak pelanggan, tidak ada salahnya memberi kupon atau diskon khusus kepada pelanggan dengan syarat-syarat tertentu. Pemberian kupon dan diskon ini biasanya membuat remaja antusias, sehingga cafe Anda makin dikenal dan populer.

  1. Mengatur keuangan dengan benar

Hal penting lainnya yang pastinya sangat penting adalah pengelolaan keuangan. Penjualan yang tinggi, keuntungan yang besar, tidak akan berguna jika keuangannya tidak dikelola dengan baik.

  1. Pelayanan maksimal

Ini juga menjadi penentu kesuksesan suatu bisnis. Pelayanan yang baik dan maksimal terhadap pelanggan, bisa menjadi nilai plus serta modal Anda dalam bersaing dengan cafe sejenis.

  1. Tim Kerja (karyawan) Yang Solid

Penentuan jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk sebuah cafe tergantung dari besar kecilnya usaha tersebut. semakin besar sebuah cafe sudah pasti memerlukan pekerja yang banyak pula. Namun hal yang perlu diperhatikan untuk cafe yang baru dirintis yaitu kesiapan modal, keseriusan, keyakinan dan tim yang solid merupakan kunci dari keberhasilan sebuah cafe. Pilihlah karyawan yang mempunyai jiwa perintis yang tangguh, mempunyai kecintaan yang tinggi terhadap pekerjaannya serta bertanggung jawab. Sehingga masalah yang datang akan mampu dihadapi bersama serta memiliki i’tikad untuk memajukan usaha.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :