Apa Itu Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi merupakan ilmu yang berdasarkan pada prinsip dan konsep yang dikembangkan dalam suatu ilmu dasar atau disiplin. Akuntansi keuangan hanya bersumber pada satu disiplin, sedangkan akuntansi manajemen memiliki dua disiplin sumber. Akuntansi keuangan dan bagian dari akuntansi manajemen mendasarkan diri pada ilmu ekonomi yang mengatur prinsip–prinsip yang membimbing atau membantu pengambilan keputusan.

Apa Itu Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan data kegiatan ekonomi suatu perusahaan. Laporan tersebut akan menghasilkan berbagai informasi keuangan yang berguna bagi perusahaan maupun hal–hal lainya, seperti lembaga pemerintah, pemilik, kreditor, dan masyarakat dalam mengambil keputusan.

Akuntansi keuangan juga dapat membantu menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik pihak internal maupun eksternal. Ada hak laba (bagi pemegang saham dan investor), hak pelunasan pinjaman (untuk kreditor dan pemasok), hak pajak terhutang (pemerintah) dan yang terakhir hak balas jasa (manajemen dan karyawan).

Bagi pemegang saham dan investor haknya tidak hanya laba, namun juga mengetahui perkembangan dan masa depan perusahaan untuk meminimalisir resiko modal dan saham yang mereka miliki.

Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aktiva = Kewajiban + Modal). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi karyawan atau sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.

Hal terpenting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan  yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan didalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Oleh karena itu, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu Standar Akuntansi keuangan,

Karakateristik Akuntansi Keuangan,

  1. Laporannya ditekankan pada kebutuhan pihak luar
  2. Laporannya mencakup seluruh organisasi
  3. Memiliki standar penyusunan yang baku
  4. Mencatat data historis
  5. Akurasinya amat tinggi
  6. Diatur dan dilindungi Undang-undang

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen dapat didefinisikan suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial. Yang digunakan oleh pihak intern perusahaan untuk perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi. Serta untuk menjamin ketepatan penggunaan sumber-sumber dan pertanggungjawaban atas sumber-sumber tersebut.

Dengan demikian akuntansi manajemen dapat digunakan sebagai informasi oleh pihak intern perusahaan untuk pengambilan keputusan yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Sebelum Anda mendalami akuntansi manajemen secara mendalam, konsep dasar akuntansi manajemen harus Anda kuasai.

Adapun peranan dari akuntansi manajemen yaitu sebagai penyajian data-data ataupun informasi yang sangat penting yang mana terkait dengan berdasarkan data historis yang mana dalam rangka untuk melaksanakan proses manajemen.

Karakteristik Akuntansi Manajemen,

  1. Laporannya digunakan oleh pihak intern (manajemen)
  2. Laporannya biasanya menyangkut unit dalam organisasi lebih rinci
  3. Tidak memiliki standar penyusunan yang baku
  4. Yang penting relevansi pada kebutuhan pemakai
  5. Tidak tunduk pada Undang-undang

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah dua hal yang berbeda. Anda sebagai pebisnis harus mengetahui dengan seksama mengenai kedua hal tersebut agar dapat menjalankan proses akuntansi perusahaan dengan baik.  Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :