9 Skill Yang Wajib Dimiliki Sales

Sales dalam suatu perusahaan merupakan ujung tombak karena posisi yang mampu menggerakan perokomian dalam perusahan maupun bisnis, karena sales bertugas menjalankan strategi penjualan yang sudah direncanakan tim marketing. Sales berhubungan dengan konsumen untuk kegiatan jual – beli. Sales tidak perlu berurusan lagi dengan konsumen selepas transaksi. Segala yang terjadi selepas itu, menjadi tanggung jawab tim marketing.

Untuk mendapat penjualan yang baik maka diperlukan tim sales yang kompeten untuk memasarkan dan berikut yang akan kita bahas untuk menjadi sales yang mempunyai kemampuan yang baik dalam pemasaran.

Skill Yang Wajib Dimiliki Sales

  • Percaya diri

Tingkat percaya diri yang tinggi merupakan kepribadian pokok yang harus dimiliki seorang sales. Materi produk yang hendak ditawarkan harus dikuasai terlebih dahulu untuk meyakinkan calon pelanggan. Kupas tuntas poin-poin yang terdapat pada produk keluaran perusahaan. Pasti di lapangan akan ditemukan banyak pertanyaan oleh masyarakat. Kecepatan dan ketepatan jawaban mempengaruhi daya beli.

  • Menguasai public speaking

Saat mendapat proyek seperti kampanye dan inisiasi pemasaran baru, Anda akan ditantang untuk menyampaikan ide kepada klien. Maka Anda harus memiliki keahlian berbicara di depan umum. Anda harus percaya diri saat berbicara di depan “penonton”. Anda juga harus siap menghadapi pertanyaan spontan yang disampaikan di ruangan meeting

  • Kemampuan berkomunikasi

Dalam dunia marketing, Anda akan bertemu dan bicara dengan banyak orang dari berbagai level. Penyampaian strategi, pemikiran dan proses pengerjaan dengan cara yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda. Pastikan Anda menguasai keterampilan berkomunikasi sehingga klien bisa memahami dan menerima usulan yang disampaikan.

  • Kemampuan analisis

Sebagai marketer, Anda harus melakukan banyak penelitian tentang target pasar. Data yang telah Anda kumpulkan harus dievaluasi untuk mendapat kesimpulan sebagai dasar untuk aksi berikutnya. Dengan demikian Anda membutuhkan kemampuan analisis yang baik.

  • Kreativitas tinggi

Seorang ahli marketing sebenarnya adalah inovator hebat. Anda dituntut untuk bisa menemukan ide baru yang menarik perhatian klien. Kemampuan untuk bisa berpikir out of the box adalah poin yang krusial.

  • Keahlian bernegosiasi

Negosiasi adalah keterampilan pendukung yang bisa membantu pekerjaan marketing. Anda bisa berkompromi soal budget dengan klien dan membuat kesepakatan deadline dan ekspektasi kerja dengan vendor. Kemampuan untuk membuat daya tawar yang menguntungkan akan membuat Anda sukses sebagai pemasar profesional.

  • Mengusai Teknologi

Anda tidak boleh ketinggalan zaman dan melewatkan teknologi terbaru yang bisa mendukung pekerjaan. Belajarlah untuk menggunakan aplikasi untuk manajemen proyek agar Anda bisa mengetahui kemajuan pekerjaan dengan mudah. Beberapa program bisa menyajikan data perhitungan yang menunjukkan sejauh mana kesuksesan proyek yang Anda jalankan melalui media digital. Keterampilan ini harus dikembangkan dari waktu ke waktu sebab teknologi terus mengalami kemajuan.

  • Manajemen stres

Pekerjaan di dunia marketing bisa membuat Anda stres. Deadline yang ketat, klien yang demanding bisa membuat gugup dan melakukan kesalahan. Ketika kekeliruan Anda menimbulkan efek domino, maka satu proyek bisa kacau. Anda harus bisa mengendalikan diri agar tidak panik saat menghadapi hal tersebut.

Jadi, kalau merasa memiliki semua keahlian di atas, Anda bisa mencoba berkarier di dunia marketing. Apabila ada keterampilan yang belum dikuasai, maka Anda harus bisa belajar cepat.

  • Social Network

Social Network atau jejaring sosial mengalami perkembangan pesat saat ini. Social network adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk berhubungan teman atau saudara untuk berbagi foto, video, atau tulisan Anda. Manfaatkan untuk memperkenalkan diri anda dan produk Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :