Anda akan Bangkrut Jika Lupa Proses Bisnis yang Satu Ini

Jika membahas  soal arti pengertian proses bisnis menurut para ahli tidak akan ada habisnya.  Oleh Karena itu saya akan menuliskan definisi pengertian proses bisnis menurut Michael Hammer dan James Champy.

“Business process reengineering is the fundamental rethinking and radical redesign of business system to aachieve dramatic improvements in critical, contemporary measures of performance, such as cost, quality, service and speed”

Namun disini saya tidak akan membahas mengenai proses bisnis secara teknis seperti karakteristik proses bisnis, materi proses bisnis, jenis proses bisnis, pengertian analisa proses bisnis dan bahkan contoh proses bisnis. Karena disini saya akan membahas hal yang lebih sering Anda lupakan tetapi justru hal ini lah yang akan menentukan berjalan tidaknya proses bisnis perusahaan Anda secara teknis.

Sebagai seorang pembisnis Anda harus tahu bagaimana cara menyikapi prioritas proses bisnis perusahaan. Mister Robert J McKain berkata “Alasan mengapa kebanyakan tujuan utama tidak tercapai adalah karena kita melewatkan waktu kita untuk melakukan hal-hal nomer dua lebih dulu.”

Saya akan memberikan beberapa contoh hal kecil yang Anda prioritaskan sehingga membuat Anda lupa dengan tujuan perusahaan. 

  • Anda lebih mementingkan membeli peralatan yang tidak penting seperti furniture kantor yang mahal sehingga menyebabkan uang perusahaan habis.
  • Lebih mementingkan tampilan perusahaan yang keren dibandingkan performa penjualan agar bisa dikatakan sukses oleh rekan bisnis maupun teman Anda.
  • Lebih suka menahan uang cash dibandingkan membelanjakannya untuk keperluan iklan perushaan yang jelas-jelas dapat meningkatkan penjualan atau omset.
  • Mendahulukan membeli mobil mewah dengan uang perusahaan dari pada membeli mobil niaga.
  • Mengurangi komposisi produk karena kenaikan bahan baku dari pada memperhatikan kepuasan pelanggan loyal yang bisa saja lari karena tidak puas
  • Ribut dengan partner bisnis karena Anda tidak bisa menahan ego pribadi.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal kecil yang akan merusak bisnis Anda, namun tidak akan cukup jika saya uraikan semuanya disini. Dan berita buruknya sering kali sebuah perusahaan yang susah payah dibangun akhirnya gulung tikar hanya gara-gara mereka justru fokus mengurusi hal-hal sepele, harga cukup mahal harus Anda bayar bukan?.  

Dan kesimpulanya adalah jangan pernah Anda memelihara ego yang membuat tindakan Anda hanya berdasarkan atas emosional. Saya tetap menyarankan Anda untuk menyelesaikan proses bisnis perusahaan yang kecil, namun setelah Anda menyelesaikan proses bisnis yang lebih besar terlebih dahulu.

Ingat fokus hal-hal kecil akan membuat Anda melupakan hal -hal yang besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dan nantikan artikel saya yang selanjutnya. Karena saya akan membahas mengenai proses bisnis secara teknis. Jika ada yang ingin Anda tanyakan atau tambahkan silahakn koment dibawah ini. Terima Kasih. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :