Apa Bedanya Invoice Dan Proforma Invoice?

Invoice merupakan dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam bentuk sederhana dikenal dengan nama catatan transaksi. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar, biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.

Perusahaan Jasa juga memerlukan invoice namun kalau cliennya tidak memerlukan detail jasa yang dibayarnya maka cukup pakai kwitansi saja. Invoice dibuat sesuai dengan dengan barang yang telah diserahkan/diterima dengan baik oleh customer. Adakalanya barang yang telah dikirim, ditolak/ditolak sebagian/diterima bersyarat oleh customer. Karena itu Invoice faktur dibuat setelah Delivery Order ditandatangani oleh penerima.

Satu Order pembelian dapat direalisasikan dalam satu transaksi surat jalan dan dapat juga direalisasikan secara bertahap dari surat jalan tersebut, Maka banyaknya kebijakan perusahaan yang menetapkan bahwa pembayaran akan dilakukan setelah order pembelian telah terkirim.

Oleh karena itu invoice hanya dibuat apabila order penjualan telah dipenuhi secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan informasi ringgkas mengenai dokumen-dokumen yang terkait dengan tagihan tersebut. Keperluan tersebut dibutuhkan baik bagi penerima tagihan maupun pembuat invoice.

Biasanya, invoice atau faktur ini dibuat dalam tiga lembar, yaitu satu lembar copy berwarna untuk pembeli yang telah melunasi pembayarannya, satu lembar copy berwarna untuk arsip bagian penjualan, dan satu lembar copy berwarna lainnya untuk laporan bagian keuangan pada penjualan. invoice ini yang nantinya akan menjadi bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Proforma invoice didefinisikan sebagai faktur yang di sediakan oleh pemasok sebelum menyediakan barang arau jasa, Proforma invoice yang dikirim ke customer sebelum mereka menerima produk. Proforma invoice mempunyai kegunaan yaitu untuk melayani pelanggan dalam transaksi, serta memungkinkan customer untuk melihat perkiraan pada transaksi seperti biaya produk, biaya pengiriman, biaya pemprosesan. Proforma Invoice adalah  jenis faktur sementara yang diberikan sebelum penyerahan barang secara keseluruhan.

Artinya faktur ini digunakan sebagai faktur pengganti sementara karena barang yang diterima oleh pembeli dikirimkan dengan cara bertahap atau terpisah. Dengan menggunakan  proforma invoice inilah si pembeli melakukan pembayarannya, hal ini dilakukan karena si pembeli membeli barang berdasarkan proforma invoice akan tetapi barangnya belum diterima secara keseluruhan.

Faktor proforma invoice ini nantinya akan diganti dengan faktur utuh atau faktur biasa apabila seluruh barang yang dipesan telah diterima secara utuh.

Apa Bedanya Invoice Dan Proforma Invoice?

Invoice

  • Sebagai informasi barang/jasa yang dibeli oleh pelanggan.
  • Sebagai informasi nilai tagihan dan termin pembayaran yang harus dibayar oleh pelanggan.
  • Pelanggan dapat memperbaiki barang/jasa dan/atau nilai yang dibeli jika yang tercantum tidak sesuai dengan pesanan.
  • Rujukan yang absah apabila barang/jasa yang tercantum akan dijual lagi ke pihak lain.
  • Rujukan yang absah untuk memasukkan transaksi ke pembukuan keuangan.
  • Rujukan yang absah sebagai faktur pajak untuk kasus-kasus tertentu.

Proforma Invoice

  • Faktur ringkasan atau perkiraan yang dikirim oleh penjual kepada pembeli sebelum pengiriman atau pengiriman barang.
  • Mencatat jenis dan kuantitas barang, nilai mereka, dan informasi penting lainnya seperti berat dan biaya transportasi .
  • Faktur proforma biasanya digunakan sebagai faktur sementara dengan kutipan
  • Proforma invoice berbeda dari faktur normal karena bukan permintaan atau permintaan pembayaran.

Perbedaan yang paling mendasar dari invoice dan proforma invoice yaitu dari pembuatan pencatatan transaksi karena invoice itu sendiri sudah berupa piutang sedang proforma invoice ialah transaksi pencatatan masih berupa draft yang harus di konfirmasi untuk menjadi sebuah invoice.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :