Apa Bedanya Pedagang Dan Pengusaha ?

Pada dasarnya sebagian orang menganggap pedagang dan pengusaha tidak memiliki perbedaan, namun sebenarnya bila dikaji dengan seksama pedagang dan pengusaha memiliki banyak perbedaan yang signifikan, salah satunya adalah pedagang hanya menginginkan dagangan laris terjual serta mendapatkan penghasilan. Sedangkan pengusaha umumnya berpikir tentang perencanaan usahanya dalam jangka panjang

Apa bedanya pedagang dan pengusaha ?

Sebelum mengkaji mengenai apa bedanya pedagang dan pengusaha, terlebih dahulu mari kita cari tahu apa itu pedagang dan pengusaha.

Pedagang adalah orang atau badan membeli, menerima atau menyimpan barang dengan maksud untuk dijual, diserahkan atau dikirim kepada orang atau badan lain baik yang masih berwujud barang penting asli, maupun yang sudah dijadikan barang lain.

Oleh karena itu pedagang mempunyai arti yaitu seseorang yang menjual suatu barang dengan menginginkan akan mendapatkan untung. Hal itu bukan berarti bahwa pengusaha tidak menginginkan untung ya.

Dalam melakukan suatu usahanya pedagang akan mencari barang yang memiliki harga lebih murah atau di bawah harga jual dan akan dijual lagi dengan selisih harga yang akan menjadi keuntungan dari pedang itu.

Salah satu contohnya saja seorang pedagang yang membeli sayuran dengan harga 10 ribu rupiah, maka ia bisa menjualnya menjadi 13 ribu rupiah. Begitulah cara kerja pedagang pada umumnya.

Pengusaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis. Mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya serta mengambil tindakan yang tepat, agar memastikan kesuksesan.

Pengusaha akan memiliki risiko investasi yang lebih besar dari pada yang ditanggung oleh pedagang. Sebab pengusaha belum tentu bisa mendapatkan untung mereka saat itu juga.

Lain halnya dengan pedagang yang bisa meraih untung setelah barang dagangan mereka laku. Seorang pengusaha biasanya akan mempunyai mental yang sangat kuat dan juga tahan banting. Pengusaha juga telah terbiasa mendapat tekanan.

Hal itu disebabkan seorang pengusaha bisa saja mengalami kegagalan yang besar saat usahanya belum bisa diterima oleh masyarakat. Mental antara pedagang dan pengusaha bisa menjadi salah satu perbedaan terbesar diantara mereka.

Hal yang membedakan pedagang dan pengusaha.

Perbedaan pedagang dan pengusaha yang pertama bisa dilihat dari perencanaan. Seorang pengusaha pasti akan merencanakan usahanya dalam jangka pendek, jangka menengah dan juga dalam jangka panjang.

Sedangkan bagi pedagang, umumnya mereka tidak terlalu mementingkan sebuah perencanaan. Bagi pedagang jika dagangannya laku mereka sudah sangat senang. Sehingga tidak ada pemantauan yang detail terhadap keuntungannya seperti yang dilakukan oleh seorang pengusaha. 

Perbedaan kedua adalah pada cara memandang konsumen. Seorang pedagang menganggap konsumen adalah orang yang akan memberikan dia uang, oleh sebab itu seorang pedagang akan berusaha “merebut” uang sebanyak-banyaknya dari konsumen dengan cara meningkatkan harga sehingga terjadilah proses tawar menawar.

Seorang pengusaha lebih menjaga hubungan baik dengan konsumen, oleh sebab itu seorang pengusaha berusaha memberikan harga terbaik bagi konsumendengan harapan konsumen puas dan menjadi pelanggan setia bagi dia.

Oleh karena itu pedagang bisa menjadi langkah awal sebagai pengusaha, namun banyak pula yang seumur hidup terus-menerus menjadi pedagang. Itu karena ia selain tidak memiliki visi dan tidak mampu membangun perencanaan dari sistem bisnisnya, juga kurang bisa mengoptimalkan potensi seperti modal yang dimiliki untuk mengembangkan perdagangan 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :