Apa Saja Peran Akuntansi dalam Bisnis & Kegiatan Usaha

Mendengar kata akuntansi tentu kita semua familier dengan diksi kata itu. Bayangkan sejak kita mengenyam bangku smp sampai perguruan tinggi akan bersinggungan dengan pelajaran akuntansi.

Akuntansi sudah banyak dipelajari secara intensif oleh kebanyakan pebisnis dan akuntan karena dianggap penting dalam mencapai keberlanjutan suatu bisnis. Akuntansi penting dalam perusahaan diibaratkan sebagai jantung dalam tubuh manusia yang mengatur peredaran darah di tubuh anda.

Jadi dalam perusahaan selalu menerima jabatan akuntan yang profesional bukan dari jurusan yang lainnya dikarenakan penting.

Tetapi masih ada pula para pengusaha yang sangat awam dalam memahami akuntansi sehingga bisa berdampak fatal. Dampak fatalnya adalah sang pengusaha tidak mengetahui laporan keuangan sehingga sangat bergantung pada pendapat akuntannya, kalau akuntannya kredibel maka saran yang baik tetapi bila akuntannya kurang baik maka bisa berakibat kesalahan dalam memutuskan rencana bisnis anda.

Para pengusaha memang tidak harus mengerti akuntansi secara komprehensif, cukup dengan mempelajari akuntansi secara sederhana yaitu mengerti laporan keuangan perusahaan. Kita akan bahas apa saja peran akuntansi dalam bisnis & kegiatan usaha agar kita bisa secara optimal mempelajarinya karena berbagai manfaatnya.

Akuntansi menjadi salah satu penyokong dalam kegiatan bisnis suatu usaha untuk mencapai performa puncaknya. Tanpa adanya akuntansi di bisnis kita akan berdampak amburadulnya pengelolaan keuangan bisnis yang dijalankan.

Akuntansi adalah suatu pengelolaan keuangan dalam bisnis yaitu mengatur masuk dan keluarnya keuangan dalam berbisnis. Akuntansi memiliki peran dalam memajukan suatu bisnis antara lain :

1. Penyedia masukan keuangan

Akuntansi memiliki peran penting yang utama yaitu memberikan informasi dan masukan terkait kegiatan menyangkut keuangan perusahaan. Segala dana yang masuk dan keluar pasti termonitor oleh sistem akuntansi.

Dengan adanya sistem akuntansi yang kredibel akan sangat menguntungkan bisnis anda dikarenakan untuk mengukur tingkat keberhasilan bisnis anda. Oleh karena itu akuntan harus selalu memperbaharui pembukuan dan memperbaharui data supaya datanya lebih akurat.

2. Memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan penting

Sudah lumrah manusia biasanya mengambil keputusan secara emosional dibandingkan dengan fakta dan data. Otak mamalia manusia lebih mendominasi dibandingkan otak moderen manusia. Di zaman yang serba moderen seperti sekarang otak moderen yang berbasis data dan fakta harus dikedepankan untuk keberlanjutan suatu bisnis.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan yang Benar

Dengan adanya asistem akuntansi, maka data dan angka yang disajikan akurat sehingga memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan yang baik. Akuntansi berfaedah untuk evaluasi dan analisis untuk kemajuan bisnis dikarenakan laporan keuangan yang berbasis data akuntansi. Jadi akunytasi berfungsi penting dalam pengambilan keputusan untuk keberlanjutan bisnis anda.

3. Pengatur keuangan yang baik

fungsi akuntansi yang paling utama yaitu sebagai pengatur utama keuangan dalam bisnis yang dijalankan. Melalui laporan akuntansi maka data dan angka akan nampak kentara di dalam pembukuan. Dari berbagai data uang yang masuk dan keluar akan ketahuan mana  usaha yang menguntungkan dan yang merugikan bisnis anda.

Dengan adanya akuntansi maka dalam melakukan evaluasi dan analisis keuangan bisnis anda akan terlihat dan memudahkan pencarian solusinya. Misal di bagian pemasaran produk yang bisnis anda pasarkan ternyata tidak ada timbal balik sehingga cara tersebut harus ditinggalkan karena merugi untuk digantikan cara baru yang lebih baik lagi.

Anda juga bisa sebagai pemilik bisnis mengetahui laporan karyawan akuntan anda benar atau salah hanya dilihat dari laporan akuntansinya sehingga anda bisa mengontrol akuntan anda.

Jadi peran akuntansi dalam bisnis dan usaha sangat vital dikarenakan pengelolaan keuangan yang baik dan kredibel akan menjadi penyedia masukan bagi perusahaan, memudahkan pengambian keputusan pemangku kepnetingan dalam perusahaan.

Sebarkan manfaatnya :