Apa Tugas Utama Business Owner?

apa tugas utama business owner

Owner Bisnis atau pemiliki usaha seperti anda pasti semuanya berawal dari pedagang. Benar apa benar ?

Memasarkan produk adalah hal yang pasti dilalui oleh semua pemilik usaha, dari memasarkan hingga akhirnya memproduksi sendiri semua produknya. Namun setelah itu semua terjadi, Anda memiliki tim yang bertugas untuk semua operasional penjualan hingga produksi.

Lantas apa yang dilakukan oleh Bisnis Owner ?

Banyak bisnis owner ikut serta bahkan turun langsung dalam mengelola bisnisnya. Alasan yang sering diberikan adalah tidak ada orang yang mengawasi kinerja karyawannya, khawatir jika ditinggal pergi karyawan akan bekerja seenaknya, atau tidak ada yang dapat mengambil keputusan jika bos tidak ada.

Alasan tersebut wajar, meskipun tidak sepenuhnya tepat. Mengapa? karena Anda orang yang bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan usaha Anda. Sebagai business owner Anda memiliki tugas untuk mengembangkan usaha dan menemukan peluang atau terobosan baru. Anda harus mendelegasikan tugas-tugas Anda sebelumnya kepada karyawan.

Dengan mendelegasikan tugas kepada karyawan, maka Anda dapat fokus pada pengembangan usaha, seperti melakukan terobosan baru atau memperluas area pemasaran. Tidak menutup kemungkinan untuk hal tersebut Anda harus sering mobile dan meninggalkan kantor Anda.

Agar Anda tetap tenang memantau karyawan ada dari jauh. Berikut ini ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk memantau kinerja karyawan Anda pada saat Anda tidak ada di tempat :

  • Membuat sistem pelaporan yang rutin, seperti membuat laporan harian, mingguan, atau bulanan sehingga Anda dapat memantau kinerja karyawan. Akan lebih baik jika menerapkan sistem online sehingga Anda dapat memantaunya tanpa hambatan ruang dan waktu.
  • Menggunakan sistem akuntansi online yang mampu memberikan hak akses sesuai dengan pekerja karyawan. Sistem yang memiliki fitur approvel transaksi yang di edit tetap berada di dalam wewenang Manager atau Anda.  
  • Menentukan jadwal pertemuan rutin untuk berinteraksi, brainstorming, atau membahas masalah yang dihadapi karyawan di setiap divisi.
  • Melakukan inspeksi mendadak untuk melihat secara langsung performa karyawan.
  • Membangun sikap percaya kepada karyawan Anda dan menerima ide atau masukan yang disampaikan untuk kemajuan usaha.
  • Memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai kerja kerasnya sehingga dapat memotivasi karyawan lain untuk melakukan hal serupa.

Karyawan memiliki kontribusi yang besar dalam mengembangkan bisnis yang Anda kerjakan. Tanpa bantuan mereka bisnis Anda akan berjalan stagnan. Melakukan koordinasi dan komunikasi dua arah antara owner dan karyawan berperan penting untuk dapat mencapai goal yang ditetapkan.

Bisnis owner harus memiliki relasi bisnis yang luas, harus cepat belajar dan tanggap dengan segala perubahan. Sedangkan karyawan sebagai tim yang mengupayakan goal tersebut terjadi. Ingat Janganlah Anda  terlalu terobsesi dengan satu hal dan jangan pula terlalu terburu nafsu dalam berbisnis.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :