Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan perusahaan ?

apa-yang-dimaksud-dengan-laporan-keuangan-perusahaan-image

Dalam Dunia bisnis perputaran uang sangat penting oleh karena itu perusahaan membutuhkan laporan. Untuk apa saja uang itu digunakan, serta  seberapa besar uang yang diterima ataupun dikeluarkan, dalam dunia ilmu akuntasi sering disebut pemasukan dan pengeluaran. Dari hal tersebut menyimpan banyak arti yang sudah disebutkan sebelumnya. Laporan inilah yang memberikan informasi tentang perputaran uang, laporan ini disebut dengan laporan keuangan.

Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan perusahaan ?

Laporan Keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk komunikasi data keuangan atau aktivitas perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu kita harus mengerti sifat, cakupan, dan batasannya sebelum kita menggunakan data dan observasi yang diturunkan dari laporan itu untuk penilaian analisis kita.

Laporan keuangan yang dibuat berdasarkan prinsip akuntansi, mencerminkan efek keputusan yang dibuat manajemen pada masa lalu maupun sekarang. Laporan keuangan yang mencatat secara konsisten pada setiap transaksi bisnis dengan menggunakan sistem biaya historis pada waktu transaksi terjadi dan prinsip penandingan pendapatan dengan biaya melalui alokasi. Maka sifat dasarnya membuat laporan keuangan terbuka khusunya dari segi dampak ekonomi

Dalam Laporan keuangan terdapat komponen-komponen laporan keuangan yaitu laporan keuangan yang lengkap meliputi neraca, laporan rugi–laba, laporan equitas serta laporan keuangan lainnya yang dapat di pelajari dalam artikel tentang komponen–komponen laporan keuangan. Dengan cara klik gambar di bawah ini. 

Dalam kata lain Laporan keuangan disajikan dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan pihak intern dan pihak ekstern yaitu untuk keperluan pimpinan perusahaan dalam mengendalikan perusahaan yang anda pimpin agar dapat mencapai tujuan – tujuan secara efisien. Pihak ekstern yaitu untuk keperluan para pemegang saham, para kreditur, pemerintah dan pihak – pihak lain yang memerlukan. berikut adalah pihak yang berkepentingan dalam laporan keuangan.

  • Pemilik Perusahaan

Sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan,terutama untuk perusahaan – perusahaan yang pimpinannya diserahkan kepada orang lain seperti perseroan, karena dengan laporan tersebut pemilik perusahaan akan dapat menilai sukses tidaknya manager dalam memimpin, perusahaannya dan kesuksesan seorang biasanya dinilai atau diukur dengan laba yang diperoleh perusahaan.

  • Manager atau Pimpinan Perusahaan

Dengan mengetahui posisi keuangan perusahaannya periode yang baru akan dapat menyusun rencana yang baik, memperbaiki sistem pengawasan dan menentukan langkah yang lebih tepat bagi perusahaan . Hal yang penting adalah bahwa laba yang dipakai cukup tinggi, cara kerja yang efisien, aktiva aman terjaga dengan baik,struktur permodalan sehat dan bahwa perusahaan mempunyai rencana yang baik mengenai hari yang akan datang, baik dibidang keuangan maupun dibidang operasi.

  • Para Investor (penanam modal jangka panjang)

Banker maupun para kreditur lainnya sangat berkepentingan atau memerlukan laporan keuangan perusahaan dimana mereka ini menanamkan modalnya. Mereka ini berkepentingan terhadap prospek keuntungan dimasa mendatang dan perkembangan perusahaan selanjutnya, untuk mengetahui jaminan investasi nya dan untuk mengetahui kondisi keuangan jangka pendek perusahaan Anda.

  • Para Kreditur dan Bankers

Sebelum mengambil keputusan untuk memberi atau menolak permintaan kredit dari suatu perusahaan, perusahaan anda perlu mengetahui terlebih dahulu posisi keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Posisi atau keadaan keuangan perusahaan terhadap peminta kredit akan dapat diketahui melalui analisa laporan keuangan perusahaan tersebut. Hal ini akan dilakukan baik oleh kreditur jangka pendek maupun kreditur jangka panjang.

Dengan laporan keuangan perusahaan dapat menentukan atau menilai posisi keuangan suatu perusahaan, dimana dengan hasil analisis tersebut pihak – pihak yang berkepentingan dapat mengambil keputusan. Dengan demikian jelaslah bahwa laporan keuangan merupakan dasar perhitungan profit, hal ini dilakukan dengan melihat kemajuan atau kemunduran dari suatu perusahaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :