Bagaimana Cara Mendapatkan Modal untuk Memulai Usaha?

Memiliki ide untuk sebuah usaha startup merupakan awal yang baik. Namun selanjutnya, tentu Anda membutuhkan media promosi, tim yang mendukung, ruang kerja, serta pendanaan. Usaha apa pun yang anda buat, baik itu berupa aplikasi maupun kafe kekinian, sebuah usaha pasti membutuhkan pendanaan untuk mulai membangunnya.

Kabar baiknya, ada beberapa sumber dana yang bisa Anda gunakan. Bahkan beberapa di antaranya bisa jadi sangat dekat dengan Anda. Bacalah di bawah ini untuk menemukan beberapa sumber dana dan menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

1. Dana pribadi

Saat baru akan memulai sebuah usaha, banyak wirausahawan yang mengumpulkan dana pribadi. Ini termasuk simpanan di bank, kartu kredit, dan lain-lain.

Menggunakan uang milik Anda sendiri untuk membangun usaha daripada meminjam atau mengumpulkan dari orang lain sebenarnya merupakan pilihan yang baik. Faktanya, banyak wirausahawan yang tetap menggunakan dana sendiri sampai usaha mereka menghasilkan untung. Ini tentunya menguntungkan karena Anda tidak akan memiliki pinjaman yang menumpuk atau cicilan yang bisa menambah pengeluaran.

2. Teman dan Keluarga

Meminta bantuan dana dari teman dan keluarga mungkin terkesan kurang mengenakkan, namun ini merupakan langkah yang harus Anda coba sebelum mencari pendanaan dari luar. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba.

Sebelum meminta bantuan dana dari keluarga atau teman, pastikan Anda sudah memiliki rencana bisnis yang jelas. tentukan apa produk yang Anda tawarkan, bagaimana rencana bisnis, dan jenis bantuan dana yang Anda inginkan – pinjaman atau investasi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Modal Terbata

3. Temukan lebih banyak sumber dana alternatif.

Jika Anda membutuhkan pendanaan yang tidak terlalu besar, ada banyak yayasan yang bersedia memberikan pinjaman untuk usaha startup maupun wirausaha lainnya. Jika Anda memenuhi kriteria untuk mendapatkan pinjaman, jangan ragu untuk mendaftarkan usaha Anda.

Alternatif lain adalah menggunakan cara crowdfunding. Di berbagai website crowdfunding seperti gofundme dan indiegogo, kickstarter, dan IndieGoGo, Anda bisa mendapatkan pendanaan dari pihak individu dari seluruh dunia melalui internet. Anda bisa mengatur berapa target dana yang Anda butuhkan, serta menawarkan keuntungan untuk pendukung yang memberikan uang dalam jumlah tertentu.

4. Cari informasi dari sekitar Anda.

Lingkungan sekitar Anda mungkin saja menjadi sumber pendanaan yang tidak disangka. Misalnya, banyak universitas yang memiliki pusat pengembangan bisnis. Tak hanya membuka jalan bagi Anda untuk terhubung dengan investor dan sesama wirausahawan, Anda bisa terbantu dalam menentukan jenis pinjaman apa yang Anda butuhkan serta bagaimana cara mendapatkannya. Hampir di setiap kota, bisa ditemukan program dan organisasi yang mendukung perkembangan usaha.

5. Dapatkan pinjaman dari bank.

Jika usaha Anda sudah cukup berkembang dan mendapatkan keuntungan serta kiranya mendapatkan pinjaman bisa membantu perkembangan, Anda bisa mencoba mendapatkan pinjaman dari bank. Saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan program pinjaman khusus untuk usaha kecil dan menengah sehingga keamanan dan kecocokan program lebih terjamin.

6. Cari bantuan dari investor.

Beberapa jenis usaha, misalnya yang berbasis teknologi, membutuhkan dana lebih untuk perkembangannya. Kemungkinan besar akan dibutuhkan peran investor luar. Yang paling menjanjikan adalah investor “malaikat”, yaitu pihak yang dengan sukarela menginvestasikan uang mereka di usaha yang baru saja berdiri namun memiliki prospek yang baik. Selain memberikan dana secara langsung, tipe investor ini bisa saja menyelenggarakan kompetisi untuk menentukan usaha mana yang paling layak mendapatkan bantuan dana.

Mengumpulkan dana untuk memulai usaha bisa menjadi bagian yang paling sulit, namun akan membawa efek baik ke depannya jika dilakukan dengan benar. Meskipun ada jalan panjang yang harus ditempuh menuju sukses, mendapatkan bantuan dana yang tepat bisa menjaga kelangsungan usaha Anda. Selamat mencoba!

 

Sebarkan manfaatnya :