Bagaimana Seharusnya Pengusaha Menyikapi Maraknya Jual Beli Online

bagaimana-seharusnya-pengusaha-menyikapi-maraknya-jual-beli-online-image

Di era digital dewasa ini, siapapun dapat melakukan kegiatan bisnis di dunia maya melalu gawai atau laptop dengan akses internet. Tak bisa dipungkiri, tren media sosial menjadi pemicu bertumbuhnya bisnis online yang menggiurkan. Banyak keuntungan yang digapai oleh para pebisnis online.

Masyarakat kini bisa berbelanja barang apapun yang disukai melalu gadget, mulai dari pakaian, aksesoris, perabotan rumah tangga, mainan, bahkan makanan bisa diperoleh melalui sistem belanja berbasis online. Bisnis online merupakan etalase virtual yang tak kalah lengkap dengan toko serba ada bahkan ritel.

Bahkan orang yang tidak memiliki toko bisa menjajakan produk apapun dijaman saat ini. Hanya modal media sosial , seperti Facebook, Instagram, bahkan domain khusus ataupun sekedar blog. Namun disisi lain, bisnis online bisa menurunkan eksistensi bisnis konvensional atau offline seperti toko ritel dan grosir di pasar swalayan maupun tradisional.

Para pengusaha offline baik pemula maupun profesional seperti Anda tetap harus memperhatikan geliat jual beli online. Meski saat ini kian digandrungi namun masih banyak celah kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis konvensional/offline untuk bertahan dan berkembang. Berikut beberapa cara bagaimana seharusnya menyikapi maraknya jual beli online / bisnis online.

1. Jaga Kepercayaan Pelanggan

Sudah menjadi barang tentu, dalam bisnis kepercayaan nomor satu. Bisnis online memang melejit pertumbuhannya, namun Anda tak perlu risau berkepanjangan. Tetap jaga kualitas produk  dan kepercayaan pelanggan. Tingkatkan mutu, juga pelayanan. Jangan memaksa diri untuk mengejar omset yang tinggi tapi mengabaikan kepuasan pelanggan. 

2. Promosi Menarik

Gairah pembeli akan meningkat ketika toko kesayangannya menggelar promosi berupa diskon atau harga spesial. Pelaku usaha offline bisa menerapkan cara tersebut untuk menjaga pelanggan bahkan memperluas market share. Beri diskon besar, tentu sangat menggiurkan, cara ini begitu efektif untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi .

3. Tunjukkan Keunggulan Usaha Anda

Konsumen akan terpikat oleh suatu produk karena memiliki keunggulan. Biasanya keunggulan yang utama dan dicari oleh pelanggan di belahan dunia manapun adalah kualitas terbaik. Namun tak sedikit pula konsumen yang melihat keunggulan produk dari sisi lain.

Seperti pelayanan yang cepat dan tanggap, bentuk, desain ataupun warna produk yang bervariasi juga menjadi keunggulan di mata konsumen. Anda bisa menonjolkan salah satu atau beberapa poin keunggulan kepada pelanggan sehingga mereka akan memperoleh kesan yang baik saat menghabiskan uang digerai Anda.

4. Kerjasama 

Kerjasama kepada beberapa pihak bisa menjadi solusi untuk mendongkrak omset . Seperti menjadi merchant suatu bank. Dimana saat bertransaksi secara kredit ataupun debit menggunakan bank tertentu akan mendapatkan harga spesial. 

5. Undian Berhadiah

Manjakan konsumen dengan undian berhadiah. Sebab bisnis online juga tak segan-segan menggilas pebisnis offline dengan cara yang terkesan royal kepada konsumennya.

Anda bisa menerapkan undian berhadiah dengan cara bagi konsumen yang  melakukan transaksi dengan nominal tertentu akan mendapatkan kupon undian yang diisi biodata. Beri hadiah yang menarik sehingga masyarakat semakin tergiur untuk mendapatkan kupon undian.

6. Kombinasi Offline dan Online

Langkah antisipasi yang efisien dan efektif yaitu mengkombinasikan offline dan online. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan online untuk memajang berbagai produk sesuai dengan yang ada di outlet atau gerai. Permudah pemesanan agar bisa dilakukan secara online, namun pelanggan tetap melakukan transaksi dan ambil barang di toko offline.

Tentu ini memudahkan para konsumen karena hal yang masih menjadi kendala bisnis online adalah waktu pengiriman sedangkan bisnis offline tidak. Keutungan metode ini adalah ketika konsumen merasa tidak cocok dengan barang yang dipesan melalui online Anda bisa merekomendasikan barang lain yang tersedia di outlet.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Sebarkan manfaatnya :