Berbagai Jenis Aplikasi Akuntansi dan Fungsinya Bagi Sistem Pembukuan Toko

Aplikasi akuntansi

Apakah software aplikasi akuntansi itu?

Perangkat lunak akuntansi adalah versi elektronik dari buku besar akuntansi. Pendapatan, pengeluaran, aset, dan liabilitas semuanya dicatat dan dilacak secara digital untuk memberikan gambaran lengkap tentang kesehatan keuangan bisnis Anda. Teknologi ini dapat mengambil berbagai bentuk dan menawarkan berbagai fitur berdasarkan kebutuhan bisnis atau industri tertentu. Namun, sebagian besar sistem akuntansi memiliki berbagi fitur dan fungsi yang serupa. Perangkat lunak aplikasi akuntansi terbaik bisa membantu bisnis Anda dari sisi proses seperti penggajian, hutang, piutang dan sebagainya.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Customer Loyalty untuk Bisnis Anda

Kategori Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi bisa dikategorikan dalam berbagai kategori perangkat lunak. Untuk memudahkan, Anda bisa mempelajari ulasan berikut ini:

Aplikasi Akuntansi Inti

aplikasi akuntansi

Gambar 1. Aplikasi Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi akuntansi inti menjelaskan kelompok perangkat lunak yang mempertahankan buku besar perusahaan, yang meliputi pencatatan piutang dan hutang, fungsi pengarsipan pajak dasar, dan rekonsiliasi bank. Fitur ini adalah fungsi minimum dari setiap perangkat lunak akuntansi untuk membantu pencatatan dalam bentuk spreadsheet.

Kombinasi fitur-fitur ini memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk pelaporan konsolidasi, pengarsipan pajak yang lebih mudah, dan wawasan serta kontrol yang lebih dalam atas dana kas perusahaan. Sistem akuntansi inti tersedia dalam versi yang terhubung dengan “cloud”. Perangkat lunak akuntansi inti online yang terhubung dengan cloud memiliki keuntungan yaitu bisa menerima data real-time dari faktur, e-commerce, POS, dan data online lainnya seperti laporan bank misalnya.

Perangkat lunak penggajian

Perangkat lunak penggajian dapat dikombinasikan dengan alat bantu akuntansi yang bisa dijalankan sebagai perangkat lunak terbaik yang terpisah. Tim yang mencari perangkat lunak penggajian harus mencari sistem dengan koneksi ke perangkat lunak yang bisa menampilkan waktu dan kehadiran, kepatuhan dengan undang-undang pajak dan hal terkait administrasi kepegawaian lainnya.

Perangkat Lunak Aplikasi ERP

Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah alat bantu akuntansi yang kaya fitur dan bisa menggabungkan banyak kategori perangkat lunak akuntansi dari akuntansi inti hingga inventaris, e-niaga, manajemen rantai pasokan, dan bahkan bisa menjadi solusi fungsi intelijen bisnis. Bergantung pada kebutuhan perusahaan dan penawaran perangkat lunak, banyak perusahaan dapat memusatkan semua data keuangan mereka dalam satu sistem ERP yang lengkap.

Karena fungsinya yang luas, perangkat lunak ERP mungkin tidak tepat untuk setiap perusahaan. Banyak perusahaan yang berkembang memilih untuk tetap dengan beberapa aplikasi yang terintegrasi daripada mengimplementasikan ERP,namun banyak juga yang beralih ke ERP.

Aplikasi Akuntansi Penagihan dan Faktur

Secara teori tampak sederhana, namun fungsi penagihan bisa menjadi rumit dan membuat frustrasi jika Anda tidak memiliki alat bantu akuntnasi yang tepat. Perangkat lunak penagihan mampu mengelola pencatatan akuntansi kompleks yang dilakukan oleh banyak departemen yang mengurusi hutang dan piutang. Alat bantu akuntansi penagihan yang baik bisa mengatasi semua tingkat kerumitan, tetapi sebagian besar memberikan bantuan untuk mengotomatiskan tugas manual sebelumnya dan mengurangi kesalahan entri manual.

Aplikasi Akuntansi Proyek

Perangkat lunak akuntansi proyek memperlancar proses penyelesaian proyek yang kompleks, antar departemen atau antar perusahaan, terutama yang terkait dengan alokasi sumber daya dan modal yang besar. Akuntansi proyek bisa menjembatani kesenjangan antara alat manajemen proyek yang berorientasi pada fungsi dasar dengan perangkat lunak akuntansi inti.

Saat membandingkan perangkat lunak akuntansi, periksa untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut juga mendukung kebutuhan ekspansi bisnis Anda ke depannya termasuk jika kedepan bisa ekspor keluar negeri. Hal ini akan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fitur-fitur pajak yang berharga tanpa banyak perubahan atau modifikasi dalam pemakaiannya.

Jika Anda menginginkan Aplikasi Invoice dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Online Bee.id!

Sebarkan manfaatnya :