Berikut 8 Tanda Bisnis Anda Mengalami Kerugian

Kerugian memang merupakan hal yang ingin dihindari oleh bisnis apa pun. Namun sayangnya, selalu ada kemungkinan sebuah bisnis mengalami kerugian, tak terkecuali bisnis yang sedang Anda jalankan. Seburuk apa pun kemungkinan bisnis mengalami kerugian, Anda pasti bisa mengatasinya jika masalah ini diidentifikasi sedini mungkin. Jika satu atau beberapa hal di bawah ini mulai muncul, saatnya Anda memperbaiki jalannya bisnis!

1. Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan

Produk atau jasa apa pun yang Anda tawarkan, selalu ada elemen pemasaran maupun pertumbuhan ekonomi yang harus dipertimbangkan dan tidak semua orang bisa memikirkannya dengan matang. Dalam menjalani sebuah bisnis, Anda juga memerlukan kemampuan dasar akuntansi dan menghitung anggaran. Saat pendapatan tidak melebihi atau bahkan kurang dari pengeluaran, maka inilah waktunya mulai mencari cara meningkatkan pendapatan atau bisnis Anda akan semakin berada di ujung tanduk.

2. Berkurangnya keuntungan

Pendapatan atau keuntungan yang berkurang biasanya disebabkan oleh berkurangnya klien atau pelanggan. Baik mereka mengurangi pesanan atau menjadi pelanggan bisnis lain, ini adalah suatu masalah yang serius. Lacak permasalahan sedini mungkin dan coba mengatasinya.

3. Karyawan mulai memiliki masalah pribadi.

Karyawan yang terlihat mulai berubah karena sedang menghadapi masalah pribadi bisa juga menjadi indicator bahwa bisnis Anda sedang mengalami kerugian. Hal di kantor dan masalah pribadi bisa saling memengaruhi. Misalnya jika karyawan itu mengalami turunnya pendapatan di kantor, ia bisa saja semakin sulit memenuhi kebutuhannya dan masalah itu terbawa sampai di tempat kerja.

4. Mundurnya karyawan.

Berbagai masalah karyawan seperti mundurnya mereka dari tempat kerja pastinya akan memengaruhi berjalannya bisnis Anda. Jika Anda mulai merasa bahwa para karyawan tidak senang dengan keadaan, cepatlah mencari solusi dan bereskan hal ini sebelum berakibat buruk bagi perusahaan. Menghindari masalah sebelum terjadi akan lebih baik karena begitu masalah memuncak, pasti akan lebih sulit untuk menyelesaikannya.

5. Sering melewatkan tenggat waktu pembayaran.

Jika bisnis yang Anda jalankan seringkali gagal melaksanakan pembayaran kepada kreditur, tandanya Anda atau orang lain yang bertanggung jawab soal keuangan kurang bisa mengatur aliran uang. Selain mencoreng nama baik, gagal melakukan pembayaran juga bisa berakibat pada menumpuknya hutang karena pasti akan ada bunga yang semakin menambah beban. Sebaiknya cari cara secepat mungkin untuk menutup hutang yang ada tetapi jangan sekali-kali mencoba berhutang di tempat lain.

6. Menurunnya pendapatan

Penurunan pendapatan yang lumayan besar biasanya menandakan ada masalah dalam bisnis yang Anda jalankan. Idealnya, Anda menginginkan jumlah klien yang besar demi keuntungan perusahaan, kecuali jumlah klien yang sedikit cukup untuk mendapatkan banyak pesanan. Namun jika jumlah pendapatan tidak memenuhi target dari sisi mana pun, sudah jelas ada masalah yang harus segera diselesaikan. Jika hal ini terjadi, cepatlah berkonsultasi dengan seorang ahli untuk mengurangi kekhawatiran, bahkan menyelesaikan masalah.

7. Berkurangnya kecepatan menjual barang

Jika Anda merasa bahwa semakin sedikit barang yang keluar dari gudang, kemungkinan besar yang terjadi adalah penjualan tidak setinggi yang Anda inginkan. Hal lain yang mungkin terjadi adalah tidak bisa menambah stok barang di gudang seperti yang seharusnya, karena ini berarti Anda tidak akan bisa memenuhi permintaan yang datang.

8. Sulit mendapatkan pinjaman

Meminjam uang tentunya tidak bisa dihindari dalam menjalankan bisnis, tetapi jika semua pihak tidak mau meminjamkan uang karena reputasi Anda yang buruk, saatnya membenahi hal ini. Sebisa mungkin, cobalah melunasi semua utang dan bangun kembali reputasi bisnis Anda.

Itulah dia 8 Tanda Bisnis Anda Mengalami Kerugian. Supaya bisnis Anda terhindar dari kerugian, kami rekomendasikan untuk menggunakan alat bantu software bisnis modern.

Seperti Beecloud, semua laporan dan operasional dengan mudah teratasi tanpa kendala karena kecanggihan segala fiturnya.

Sebarkan manfaatnya :