Berikut Alasan Kenapa Bisnis Anda Bangkrut

Memiliki bisnis yang sukses adalah dambaan semua pemilik bisnis kecil maupun besar. Berbagai cara dilakukan seperti pemasaran yang tepat sasaran, memiliki rekrutan terbaik, memilih pimpinan yang profesional dan lain sebagainya.

Bisnis masih menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan dikarenakan pangsa pasar indonesia yang bejibun. Di zaman digital yang hampir 80% rakyat indonesia bisa mengaksesnya, akan mempermudah pembeli dan penjual dalam melakukan jual beli produks di interner. Seorang pedagang diberi kemudahan dengan tidak harus menyewa lapak tetapi bisa gratis posting di mall online yang ada di marketplace. Seorang pembeli dengan mudah membeli barangnya dengan sekali klik di internet saja.

Di zaman informasi yang dimana berbagai informasi dapat kita peroleh secara Cuma-Cuma akan mempermudah Anda dalam belajar berbisnis yang baik. Tetapi ada juga yang sudah belajar maksimal dan mempraktekan masih juga yang gagal. Disini saya akan menjabarkan alasan kenapa bisnis anda bangkrut, simak ya.

1. Kurang fokus dalam berbisnis

Memiliki bisnis lebih dari satu adalah langkah yang baik dikarenakan pendapatan akan muncul dari beberapa saluran pipa Anda. Dengan memiliki beberapa bisnis maka keuntungan yang Anda dapatkan akan bejibun dan akan membuat Anda cepat kaya raya.

Tetapi bila Anda dalam berbisnis, memilih bisnis dalam jumlah banyak yang akan Anda tangani akan berdampak fatal. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa manusia hanya bisa fokus pada 3 bisnis saja. Bila nekat mau memiliki bisnis lebih dari 3 maka semuanya tidak akan ada yang berhasil.

Jangan gudah dikarenakan Anda bisa mendelegasikan beberapa bisnis anda kepada pimpinan anda supaya lebih fokus menangani bisnis.

2. Tetap mempertahankan Idealisme

Memiliki ide yang brilian merupakan nilai tambah bagi para pebisnis. Tetapi kaku terhadap ide lain dan kemajuan akan berdampak pada kebangkrutan bisnis Anda. Kita ketahui zaman semakin berubah dengan cepatnya dan bila anda tidak bisa beradaptasi dengan zaman maka bisnis anda akan wafat.

Kita ketahui banyak bisnis bangkrut dikarenakan idealismenya terlalu di junjung tinggi seperti blue bird, di zaman digital yang didominasi goo car dan lain sebagainya yang menggunakan aplikasi blue bird ngotot tidak mau memakai aplikasi dalam taksinya. Dan anda tahu pendapatan blue bird turun drastis dan di ambang kebangkrutan. 

Baca Juga: Kelebihan Menggunakan Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

3. Tidak paham laporan keuangan

Laporan keuangan penting dalam sebuah bisnis. Laporan keuangan berguna sebagai monitoring dan evaluasi bisnis yang Anda jalankan. Anda dibantu akuntan anda, tetapi anda yang memutuskan berjalannya bisnis anda sehingga anda juga harus paham laporan keuangan walaupun hanya sedikit.

Bila anda tidak paham laporan keuangan maka anda tidak tahu evaluasi bisnis anda sehingga bisa berdampak pada kebangkrutan.

4. Menihilkan pemasaran produk

Ada yang berpendapat bahwa pemasaran produk tidak terlalu penting dalam berbisnis. Anda perlu ketahui bahwa pemasaran adalah jantung dalam bisnis anda. Pemasaran yang mengerakan aliran darah pada bisnis anda.

Anda setiap hari memerlukan uang untuk menggaji karyawan Anda dan biaya operasional lainnya yang didapatkan dari pemasaran produk anda. Jadi tingkatkan investasi pemasaran nada supaya produk dan jasa anda laku dan menghasilkan keuntungan.

5. Tidak cermat dalam mengamati kompetitor

Kompetitor wajib dimiliki supaya bisnis kita lebih baik lagi. Ada beberapa kesalahan dalam mencermati kompetitor yaitu selalu berbeda dengan kompetitor. Ya itu bisa jadi benar, tetapi yang terpenting adalah berusaha memiliki nilai tambah di bandingkan kompetitor anda.

Itulah 5 alasan mengapa bisnis yang anda jalankan gagal. Anda harus cermat dalam menjalankan bisnis yang anda geluti agar tidak bangkrut dan jauhi 5 lubang berbahaya di atas ya.

 

Sebarkan manfaatnya :