Berikut Beberapa Daftar Istilah Dalam Laporan Laba Rugi

Berikut Beberapa Daftar Istilah Dalam Laporan Laba Rugi-01

Laporan laba rugi merupakan elemen penting yang harus bisa dipahami oleh setiap pebisnis. Okelah jika pengusaha tidak bisa membuat laporan laba rugi karena ada tim akunting yang mengurusnya, namun pengusaha tetap wajib bisa membaca dan menafsirkan isi dari laporan laba rugi demi kelancaran usaha.

Laporan laba rugi dapat menunjukkan atau memberikan informasi mengenai berapa besarnya pendapatan serta biaya dari satu unit usaha dalam satu periode akuntansi. Pendapatan dan biaya ini juga menentukan apakah perusahaan mengalami rugi atau laba dalam periode tersebut.

Pengertian dan tujuan laporan laba rugi

Pengertian laporan laba rugi adalah laporan yang dipakai untuk mengukur berhasil tidaknya perusahaan dalam menjalankan operasionalnya dalam waktu tertentu. Laporan ini mampu membantu pengusaha untuk menentukan nilai arus kas perusahaan di masa mendatang.

Yujuan dibuatnya laporan laba rugi adalah untuk memberikan informasi total pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan, memberikan informasi mengenai laba dan rugi yang dialami perusahaan, dijadikan dasar evaluasi perusahaan di masa mendatang, serta menjadi acuan penguasaha dalam merencanakan dana menentukan strategi perusahaan.

Mengenal istilah dalam laporan laba rugi

Dengan adanya laporan laba rugi, pebisnis bisa menentukan strategi bisnis selanjutnya untuk kemajuan usaha. Untuk itulah Anda yang memiliki usaha dalam bidang apapun hendaknya memahami tentang laporan laba rugi dengan cermat. Berikut ini adalah beberapa daftar istilah dalam laporan laba rugi yang memudahkan Anda memahami isi laporan laba rugi.

1. Harga Pokok Penjualan (HPP)

Harga pokok penjualan merupakan sebuah metode yang digunakan oleh perusahaan dagang untuk menentukan harga pokok dari produk yang dijual oleh perusahaan dagang. Untuk usaha yang bergerak di bidang agen atau retail, HPP ditentukan dari julmah harga yang harus dibayar ditambah dengan biaya pengiriman produk dari supplier hingga barang sampai Sedangkan pada usaha industri, HPP diperoleh dari persedian awal yang ditambahkan dengan biaya pembelian, biaya kirim, bahan, tenaga kerja dan overhead kemudian dikurangi persediaan akhir.

2. Deviden

Deviden merupakan pendapatan bersih perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham dengan nilai yang berbeda-beda tergantung dari besarnya saham yang ditanam di perusahaan. dari niulai yang diinvetasikan oleh para pemegang saham, mereka akan mendaoatkan keuntungan masing-masing yang diperoleh dalam bentuk desviden ini.

3. Pengeluaran

Semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjlankan usaha, seperti biaya produksi, biaya telpon, gaji karyawan, biaya operasional, dan lain sebagainya. Pengeluaran ini nantinya yag akan dikurangkan dari pendapatan untk mennetukan laba atau ruginya perusahaan.

4. Laba kotor

Laba kotor merupakan keuntungan atau laba sebelum dikurangi dengan pengeluaran lainnya seperti upah, promosi, penyusutan, dan lain-lain.

5. Pendapatan bersih

Pendapatan bersih merupakan laba atau keuntungan perusahaan yang sudah dikurangi dengan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Pendapatan bersih sifatnya sudah mutlak karena sudah dikurangkan dengan biaya-biaya lainnya.

6. Penjualan bersih

Penjualan bersih merupakan total dari penjualan perusahaan yang sudah dikurangi dengan diskon, penyisihan, pengembalian, dan lain sebagainya.

7. Laba ditahan

Merupakan pendapatan bersih perusahaan yang ditahan atau tidak dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk deviden. Laba ini kemudian diinvestasikan atau ditanamkan kembali dalam perusahaan yang nilainya akan diakumulasikan selama usaha berlangsung.

 

Itulah beberapa daftar istilah dalam laporan laba rugi yang harus Anda pahami. Mengetahui daftar istilah serta pengertiannya akan memudahkan Anda dalam membuat dan membaca laporan laba rugi serta laporan keuangan dalam perusahaan.

Jika Anda masih kesulitan dalam memhami dan membuat laporan laba rugi, Anda bisa mendownload aplikasi Bee Accounting dan Beecloud yang memudahkan Anda memahami akuntansi dalam bentuk digital.