Berikut Komponen-Komponen Laba Rugi

Dalam suatu perusahaan melakukan evaluasi penting dilakukan supaya perusahaan bisa selalu meningkatkan efektifitasnya. Salah satu cara melakukan evaluasi adalah dengan membuat laporan laba rugi sebagai laporan perusahaan.

Laporan laba rugi adalah laporan yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan operasional perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Laporan ini berisi informasi tetnatng perolehan laba rugi dan total pajak yang dibayarkan perusahaan. Laporan laba rugi memiliki beberapa fungsi seperti sebagai rujukan bagi manajemen untuk menentukan step by step langkah penyelesaian masalah di periode mendatang dan memberikan info usaha yang dilakukan supaya besaran biaya perusahaan agar lebih hemat lagi.

Laporan laba rugi tidak berdiri sendiri, laporan laba rugi terdiri dari beberapa komponen penyusunnya seperti :

1. Pendapatan atau penjualan

Pendapatan yaitu uang yang didapat berkat beberapa transaksi penjualan barang dan jasa dari pelanggan perusahaan. Semakin besar pendapatan yang diperoleh maka keuntungan yang besar juga akan menanti perusahaan.

Semakin besar pendapatan yang diperoleh maka perusahaan akan semakin berkembang lagi dikemudian hari. dari hasil pendapatan ini berfungsi untuk ekspansi, membayar utang dan menutup biaya-biaya perusahaan.

Sumber-sumber pendapatan didapat dari berbagai sumber seperti pendapatan operasional, pendapatan non operasional dan pendapatan luar biasa.

Baca Juga: Baru Mulai Usaha? Inilah Aturan Pajak yang Harus Anda Penuhi

2. Harga pokok penjualan

Harga pokok penjualan adalah beban pokok penjualan yang dikeluarkan setiap perusahaan dalam memproduksi produk barang atau jasa untuk pelanggan. Penyusun harga pokok penjualan yaitu bahan baku, biaya para pekerja, persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi.

Tujuan menghitung HPP perusahaan adalah untuk mengetahui besaran pengeluaran dalam memproduksi barang dan jasa.

3. Laba kotor

Laba kotor merupakan muara akhir yang perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Pencapaian target laba kotor merupakan salah satu keberhasilan dalam menjalankan suatu perusahaan. Laba kotor adalah laba yang didapatkan suatu perusahaan setelah dikurangi biaya pembuatan dan penjualan produk.

4. Beban usaha

Beban usaha adalah semua beban yang bersinggungan dengan aktivitas operasional perusahaan. Beban usaha meliputi beberapa hal seperti beban air, listrik, telepone, beban pemasaran, penjualan, beban gaji, beban sewa.

5. Penghasilan keuangan

Penghasilan keuangan adalah suatu hasil yang diperoleh dari penghasilan bunga berbunga. Bunga dari kas perusahaan yang di simpan di bank dan bagi hasil deposito perusahaan.

Bunga dari bank dan hasil deposito biasanya berkisar 10% dari dana yang disimpan, bisa lebih besar apabila bisa memilih bank yang menawarkan bunga yang besar

6. Laba usaha

Laba usaha adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah laba kotor di kurangi dengan beban usaha. Laba usaha adalah laba bersih yang menjadi ukuran sukses suatu perusahaan.

7. Laba sebelum pajak

Laba sebelum pajak adalah penghasilan perusahaan yang merupakan pengurangan dari laba usaha perusahaan dengan tambahan beban keuangan ditambah penghasilan keuangan.

Laba sebelum pajak memberikan informasi analisis investasi yang berfaedah mengevaluasi kinerja operasi perusahaan tanpa adanya beban pajak.

8. Laba bersih

Laba bersih adaah laba sebelum pajak penghasilan dikurangi dengan beban pajak yang dibayarkan suatu perusahaan. Laba bersih adalah suatu kelebihan pendapatan bersih atas segala pengeluaran perusahaan.

9. Beban pajak

Beban pajak adalah sejumlah tanggungan biaya yang harus ditanggung perusahaan sebagai beban pajak. Pajak dibebankan pemerintah kepada suatu perusahaan untuk kepentingan rakyat seperti membiayai pembangunan suatu daerah.

Perusahaan akan berusaha untuk meminimalkan pajak yang harus dibayarkan dengan menyewa konsultan pajak yang mahir supaya pajak perusaahan minim pembayaran.

 

Laporan keuangan sangat penting dalam perusahaan yaitu untuk mengupas keadaan keuangan suatu perusahaan sehingga bermanfaat untuk mengevaluasi secara penuh keadaan perusahaan.

Supaya lebih cepat dan mudah, gunakan software akuntansi online Beecloud. Banyak fitur yang pasti Anda butuhkan dan pastinya akan mempermudah operasional perusahaan Anda

Sebarkan manfaatnya :