Berikut Tips Jitu Sebelum Anda Membuka Cabang Perusahaan

Sebuah bisnis dan usaha yang terus mengalami perkembangan memang pada suatu saat akan membutuhkan tempat yang baru untuk kegiatan usahanya. Dengan adanya tempat usaha baru atau sering disebut cabang/unit, sebuah usaha akan bisa bergerak lebih luas untuk meraih pasar. Dengan peluang memperluas pasar inilah membuat setiap pebisnis berhasrat untuk segera membuka cabang atau unit usaha baru.

Akan tetapi sebenarnya membuka cabang atau unit usaha baru tidaklah semudah yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar tujuan memperluas pasar benar-benar terealisasi. Jika membuka cabang usaha baru ini dilakukan secara gegabah maka bukan tidak mungkin kerugian bisa menimpa pengusaha. Oleh karena itu  untuk Anda yang ingin membuka cabang usaha baru alangkah baiknya untuk mencermati beberapa hal berikut ini.

Tips Jitu Sebelum Membuka Cabang Perusahaan

  • Rencana Anggaran

Untuk membuka cabang baru Anda pastinya akan membutuhkan dana atau anggaran. Dan anggaran untuk membuka cabang baru ini pastinya tidak sedikit. Hal ini karena cabang usaha baru akan membutuhkan lahan, perlengkapan usaha baru, karyawan baru dan juga biaya operasional yang baru. Nah dari sinilah Anda harus melakukan rancana atau rancangan anggaran yang menyeluruh. Anda sebagai pengusaha harus merinci dengan baik keuangan perusahaan dari penerimaan serta pengeluaran. Pastikan ketika mengeluarkan dana untuk membuka cabang baru, keuangan perusahaan Anda tidak defisit. Usahakan juga untuk tidak memaksakan berhutang hanya ingin untuk membuka cabang usaha baru. Hal ini dikarenakan hutang akan bisa membuat Anda akan kesulitan mengantisipasi hal-hal yang tak terduga nantinya. Jadi dari pada berhutang lebih baik Anda bersabar dulu untuk tidak membuka cabang usaha baru. Baru nanti setelah ada keuntungan atau pendapatan perusahaan yang lebih, Anda bisa membuka cabang usaha baru.

  • Carilah Lokasi yang Strategis dan Menguntungkan

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menenentukan lokasi usaha yang strategis adalah prospek lokasi tersebut dimasa depan. Hal ini sangat penting tapi masih sangat jarang dilakukan oleh sebagian besar pengusaha yang akan berekspansi.Mengetahui prospek lokasi usaha dimasa depan artinya kita akan mampu mendapatkan lebih banyak pasar dimasa depan.

Semakin bertambahnya pasar dimasa depan akan semakin besar pula keuntungan usaha yang akan kita dapatkan.Namun jika anda belum memiliki kemampuan untuk melihat sebuah prospek dimasa depan, hal tersebut bukanlah masalah. Gunakanlah cara umum yang sering kali dilakukan oleh orang lain ketika akan membuka usaha.Anda bisa membuka cabang baru dilokasi yang sering dilalui kendaraan dan mudah terlihat oleh banyak orang. Mulailah cari lokasi tersebut dengan berkeliling untuk melakukan survei menemukan lokasi yang tepat.

  • Sistem Serta SOP Kerja

Mungkin di cabang atau unit yang pertama sistem dan mekanisme kerja telah terbentuk dengan baik. Tapi saat Anda membuka unit usaha baru maka belum tentu sistem dan mekanisme di tempat lama tadi langsung terbentuk. Hal ini dikarenakan cabang baru nantinya akan dipimpin oleh pemimpin baru dan Anda tidak atau jarang berada di sana. Dari sinilah Anda sebagai pemilik usaha perlu membuat sistem dan mekanisme kerja yang baik dan baku (standar) agar bisnis bisa berjalan dan Anda pun tenang saat meninggalkannya.

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika seorang pengusaha akan membuka cabang usaha baru. Dari sini maka bisa disimpulkan bahwa membuka unit usaha baru tidak boleh sembarangan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

 

 

Sebarkan manfaatnya :