Cara Cepat Terbebas Dari Hutang

Tidak seimbangnya pendapatan dan pemenuhan kebutuhan itu, sering pendekatan yang digunakan adalah melalui hutang. Hutang seakan menjadi bagian dari pengelolaan keuangan pribadi.  Pada seorang pengusaha, utang merupakan bagian dari penguatan bisnis. Hutang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan, konsekuensi orang berhutang mau tidak mau, punya tidak punya harus membayar. Sekarang model orang berhutang bermacam macam, dari mulai hutang dengan tetangga hingga dengan menggunakan kartu kredit. Memiliki barang yang disenangi tidak lagi menjadi hambatan.

Masalah muncul ketika hutang bertumpuk, uang yang seharusnya untuk keperluan sehari hari. Bertumpuknya hutang yang harus dibayarkan membuat hidup tidak tenang, tidur tidak nyenyak, dan emosi pun mulai tidak stabil, mudah marah, stress. Namun untuk menyepelekan hutang yang kian menumpuk tidak bagus juga untuk kehidupan Anda. Oleh sebab itu kita bahas diskusikan dengan beberapa metode praktis yang dapat membebaskan diri Anda dari lilitan hutang, cepat lunas, dengan cara yang sederhana, dengan cara yang mudah

Cara Cepat Terbebas dari Hutang

  • Niat membayar hutang

Berniatlah, tetapkan niat membayar hutang ini setiap kali teringat dengan hutang. Serta tanamkan dalam hati untuk perbarui selalu niat untuk membayar hutang hingga pikiran, emosi, perilaku kita terpengaruh untuk bagaimana segera menyelesaikan hutang Jangan pernah terbersit dalam hati untuk tidak membayar hutang bahasa jawanya ngemplang.

Niat ini merupakan modal dasar bagi kita untuk dapat melunasi hutang, jangan menyepelekan niat. Niat akan menjadikan motivasi Anda semakin besar, dampak yang lain adalah niat dapat mengurangi stress kita terhadap hutang, niat yang kuat dapat mengurangi kekhawatiran tidak bisa bayar hutang. ini akan menguatkan Anda dalam berusaha untuk segera membayar hutang, semakin hutang dapat di lunasi akan semakin baik.

  • Buat daftar hutang Anda

Buatlah daftar semua hutang Anda, dan taruhlah hutang dengan bunga terbesar diatas. Anda disarankan membayar terlebih dahulu hutang yang memiliki bunga tertinggi karena bunga adalah komponen yang menyebabkan hutang Anda membengkak. Karena bersifat kelitapan maka bayar hutang dari urutan bunga terbesar anda

  • Bayarlah lebih dari minimum

Semua hutang memiliki minimum yang Anda harus bayar per bulan. Jika Anda ingin segera terbebas dari lilitan hutang, maka Anda harus membayar lebih dari minimum. Untuk mempunyai uang lebih untuk membayar diatas minimum, Anda harus mau-tidak mau, mengorbankan pengeluaran tidak penting, seperti pergi ke bioskop, atau menekan pengeluaran, misalnya beli lebih sedikit voucher pulsa. \Jangan lupa untuk membayar sebelum jatuh tempo karena setiap Anda akan dikenakan denda.

  • Menyeimbangkan pembayaran

Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, Anda bisa mengalihkan hutang-hutang Anda ke kartu kredit yang memiliki bunga paling rendah. Alihkan hingga menyentuh plafon kartu kredit tersebut. Lalu, fokuslah untuk membayar sesegera mungkin hutang yang Anda kumpulkan di kartu kredit tersebut. Setelah Anda menghapus hutang di kartu kredit tersebut, ulangilah dari awal dengan memindahkan sisa hutang lainnya ke kartu kredit tersebut.

  • Negosiasi ulang hutang

Anda bisa negosiasi ulang syarat dan aturan hutang Anda, seperti besaran bunga dan jangka waktu pembayaran, dengan pemberi pinjaman. Ini sesuatu yang mungkin karena pemberi pinjaman juga memerlukan uang yang Anda akan bayarkan kembali ke mereka. Hal tersebut sangat membantu untuk mengatur keseimbangan keuangan Anda

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :