Cara Cerdas Menekan Biaya Operasional

Pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien harus diterapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Sebelum terlambat, alangkah baiknya jika seorang pimpinan / CEO perusahaan sedini mungkin memberitahukan pada seluruh staff karyawan untuk berperan aktif dalam program penghematan atau menekan biaya perusahaan,

Biaya operasional yang terlalu mahal akan memperkecil laba Anda atau bahkan Anda mengalami kerugian. Bila kerugian terjadi, modal Anda pasti berkurang karena untuk menutupi biaya kerugian yang terlalu besar. Padahal semua orang menginginkan keuntungan yang besar namun karena kurangnya pengawasan dan perencanaan, biaya operasional mengakibatkan biaya membengkak dan perusahaan mengalami kerugian. Biaya pada dasarnya merupakan pengorbanan terhadap barang atau jasa yang akan diproduksi atau sudah diproduksi dengan ukuran nilai uang. Biaya selalu ada pada setiap produksi baik produksi langsung maupun tidak langsung.

Cara Cerdas Menekan Biaya Operasional

  • menghitung dan mengontrol pemakaian barang

Menghitung dan mengawasi total biaya pemakaian barang adalah cara yang sangat penting dalam menekan biaya perusahaan atau cara pengendalian keuangan perusahaan, untuk cara ini diperlukan sistem pengawasan yang sistematis maka dalam hal ini seorang pengatur pembiayaan mempunyai cara khusus yaitu menggunakan sistem pengawasan seperti Inventori dan pengecekan langsung (Internal audit)terhadap sumber yang diperkirakan akan membuat  biaya) tinggi.

  • Efisiensi Sumber Daya Manusia ( SDM )

Mengoptimalkan sumber daya manuasia yang ada menjadi efektif dan efisien. Artinya  yaitu menempatkan orang – orang yang mempunyai kualitas skill terbaik yang harus memegang posisi atau jabatanya, untuk menunjang hal ini tentunya setiap karyawan harus dibekali dengan skill atau kemampuan yang bagus agar menjadi kompeten dibidangnya.

  • Efisiensi penggunaan kertas

Penggunaan kertas untuk mencetak berbagai dokumen perusahaan atau surat-surat lainnya. Sering kali, kebanyakan kertas terbuang karena yang dicetak bukanlah hasil keputusan yang harus diedarkan atau masih dalam bentuk draf. Terapkan kebijakan paperless (tanpa kertas) untuk mengatasi hal ini. secara umum Anda bisa menghemat pemakaian kertas dengan tidak mencetak dokumen yang belum bersifat final dan tidak benar-benar dibutuhkan dalam bentuk kertas secara fisik.

  • Efisiensi Lembur

Baik berbayar atau tidak, lembur akan mengakibatkan bertambahnya biaya (misalnya, pemakaian utilitas kantor semacam listrik dan air). Cobalah menganalisis hal ini lebih jauh, karena sering kali lembur terjadi karena pengelolaan waktu yang tidak efisien, kepemimpinan tim kerja yang tidak efektif, prosedur kerja yang tidak tepat guna, koordinasi kerja yang buruk, atau kesalahan-kesalahan lainnya. Akibatnya, timbul kebutuhan lembur yang berkepanjangan. Pangkas kerugian karena lembur dengan membereskan sumber masalahnya, karena efisiensi proses kerja sesungguhnya tampak dari jumlah pekerja atau jumlah jam kerja yang lembur setiap hari/bulannya.

  • Selalu Meninjau Biaya Operasional

Apabila Anda membeli peralatan untuk kebutuhan kantor, pastikan melalui toko yang bisa memberikan diskon cukup kompetitif untuk pembelian barang dalam jumlah yang banyak. Mulai dari keperluan dapur seperti teh atau kopi sampai furniture perlu diperhitungkan biayanya. Luangkan sedikit waktu untuk menemukan sebuah toko yang dapat memberikan layanan tersebut. Hal ini sangatlah berguna untuk menghemat biaya operasional dalam jangka waktu yang panjang.

Menghemat biaya operasional perusahaan dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Jika hanya Anda sendiri yang menggiatkan hal tersebut, tetapi kesadaran karyawan masih kurang, maka akan sulit untuk direalisasikan. Oleh karena itu perlu koordinasi yang baik dalam realisasikan hal tersebut

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :