Cara Efektif Melunasi Hutang Perusahaan

Hutang merupakan salah satu komponen yang cukup penting dan vital bagi sebuah perusahaan. Hutang bukan menunjukkan bahwa perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan, melainkan hutamg justru dapat digunakan sebagai modal guna berinvestasi dan memajukan perusahaan. Hutang juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan agar tetap berjalan dengan stabil, inilah yang membuat banyak perusahaan di Indonesia memiliki hutang dengan jumlah besar maupun kecil. Untuk itulah hutang perlu dikelola dengan baik oleh pemilik bisnis.

Jika Anda memiliki usaha, tak ada salahnya memang mengajukan pembiayaan atau hutang kepada bank maupun pihak lainnya, utamanya ketika Anda sedang memulai bisnis. Hutang ini justru menjadi amunisi di awal untuk mengembangkan dan memajukn perusahaan yang Anda bangun. Namun tentu saja perusahaan tidak boleh begitu saja terlena dengan hutang yang ada. Tetap harus ada upaya untuk melunasi hutang karena pengelolaan hutang yang buruk justru akan mematikan usaha yang telah berjalan.

Lalu bagaimana cara perusahaan melunasi hutangnya secara efektif? Coba simak beberapa hal berikut ini.

  1. Hitung terlebih dahulu berapa jumlah hutang yang dimiliki oleh perusahaan saat ini

Sebagai pemilik perusahaan, Anda perlu menghitung dan menjumlahkan total hutang dari perusahaan, mulai dari tagihan kartu kredit, hutang bank, hutang pada investor, dan hutang lainnya. Dengan menjumlahkan semua hutang, Anda bisa tahu kondisi keuangan perusahaan Anda, apakah sekiranya mampu melunasi hutang tersebut atau tidak. Jangan lupa tuliskan tanggal jatuh tempo dari hutang-hutamg tersebut dan hitung berapa cicilan yang harus Anda bayar dalam tempo tertentu agar hutang tersebut lunas.

2. Buat perencanaan pelunasan hutang dengan matang

Pada saat mengajukan hutang, tentu Anda sudah membuat perencanaan hutang bukan? Nah untuk melunasi hutang perusahaan pun, Anda juga wajib membuat perencanaan pelunasan hutang. Mulailah dari pelunasan hutang yang pinjamannya paling sedikit agar perusahaan terus termotivasi untuk melunasi hutangnya. Cara ini cukup efektif dalam strategi bisnis karena pelunasan hutang yang paling seidkit relatif lebih gampang untuk dilunasi, akhirnya semakin lama hutang perusahaan bisa berkurang dan akhirnya semua hutang lunas.

3. Menghemat pengeluaran perusahaan dan meningkatkan omzet perusahaan

Sebelum membuat perencanaan pelunasan hutang, Anda sebaiknya melihat dan memperhatikan jumlah pendapatan dan pengeluaran perusahaan terlebih dahulu. Setelah mengetahui berapa jumlah kedua hal tersebut, Anda bisa menghitung  berapa jumlah dana yang diperlukan untuk melunasi hutang-hutang. Jika besaran dana tambahan yang dibutuhkan perusahaan sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penghematan yang rasional pada pengeluaran perusahaan serta berusaha untuk meningkatkan omzet dan pendapatan perusahaan. Diskusikan dengan tim dan bawahan Anda untuk hal ini agar omzet bisa meningkat dan pengeluaran bisa dihemat.

4. Melakukan pembayaran hutang dalam tempo harian atau mingguan

Jika dirasa cicilan per bulan untuk pelunasan hutang perusahaan terlalu memberatkan jalannya usaha, cobalah untuk melakukan pembayaran hutang secara mingguan atau bahkan harian. Diskusikan dengan bagian keuangan mengenai hal ini agar bisa didapat jalan keluarnya. Pembayaran dengan cara ini dirasa cukup meringankan dan tidak mengganggu jalannya usaha.

5. Menjual aset perusahaan

Langkah terakhir yang bisa ditempuh untuk melunasi hutang perusahaan adalah dengan menjual aset. Langkah ini perlu dilakukan jika tidak ada cara lain yang bisa diusahakan untuk menutup hutang dan hutang sudah terlalu menunpuk. Pilih aset yang tidak mengganggu jalannya usaha agar perusahaan tetap bisa berjalan meskipun ada aset yang harus dijual.

 

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melunasi hutang perusahaan Anda secara efektif. Selamat mencoba!

Sebarkan manfaatnya :