Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Kecil menjadi Bisnis Waralaba

Anda memiliki usaha yang ingin dijadikan usaha waralaba/ franchise?
 
Tentunya anda perlu membuat sistem yang jelas teruji dan siap dijalankan oleh pembeli sistem usaha anda. Mayoritas calon mitra tidak ingin membangun bisnis mulai dari nol dan ingin bisnis yang memiliki potensi kegagalan yang sangat kecil. Kita lihat saja bisnis franchise KFC dan McD, kedua-nya memiliki sistem dan standar kerja yang bagus sehingga semua mitra bisnisnya sukses ikut meraup keuntungan yang sama.
 
Menurut Zimmerer (1996) untuk mengembangkan bisnis menjadi waralaba yang sukses anda memerlukan:
 
1. Sistem managemen jelas, 
Dapat Meninjau Proses Bisnis Perusahaan, Struktur Organisasi Perusahaan, Sarana dan Prasarana Perusahaan, efektivitas sistem yang sudah berjalan di dalam perusahaan, komitmen dari pimpinan perusahaan. Hal ini dapat mempengaruhi mitra bisnis anda untuk ikut bergabung didalam bisnis Anda.   

cara Jitu memulai bisnis menjadi bisnis franchise Akuntansi jelas

2. Memiliki Pelatihan, pengarahan dan pengawasan yang berlanjut untuk mitra anda.

cara jitu memulai bisnis anda menjadi bisnis franchise pelatihan

3. Bantuan finansial, Saling membantu memulai usaha dan sistem bagi komisi jelas. Kejelasan sistem yang dapat dicontoh oleh mitra bisnis. 

Omset - Android Dashboard

4. Memiliki nama, merek dan produk yang telah dikenal

brand

Melalui 4 hal yang itu Anda dapat meyakinkan para mitra Anda untuk bergabung mengelola bisnis serupa dengan Anda. Sedangkan, Menurut Undang-undang Republik Indonesia No 31 tahun 2008 tentang waralaba,“hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.” 
 
Perjanjian waralaba didalamnya akan lebih fokus pada transparasi informasi keuangan pemberi waralaba. Informasi akuntansi harus jelas berupa laporan keuangan dasar yang andal bagi pengambilan keputusan dalam pengelolaan usaha kecil dan menengah, antara lain laporan keputusan pengembangan pasar, penetapan harga, dan lain-lain. Informasi akuntansi berhubungan dengan data akuntansi atas transaksi-transaksi dari suatu unit organisasi yang bergerak dalam bidang usaha jasa, dagang, maupun usaha industri, agar informasi tersebut disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
 

Agar sistem akuntansi anda bagus, ada baiknya anda menggunakan suatu sistem percatatan yang mudah digunakan dan di adopsi oleh semua mitra usaha anda. Anda dapat menggunakan software akuntansi yang mampu diakses dimana saja dan kapan saja. Akan sangat bagus lagi bila anda mampu mengecheck omset anda real time. Dengan memiliki sistem akuntansi yang simpel, canggih dan update tentunya mitra usaha anda tidak ragu-ragu untuk bergabung dengan anda. Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :